Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH COSTUMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA HICARD PADA HYPERMART BANGKALAN PLAZAPenulis : Abthal Asyraf Agatha Ayu AdetyaDosen Pembimbing I : Bambang Setiyo Pambudi, S.E., MMDosen Pembimbing II :Suyono, S.E., M.S.MAbstraksi
Abthal Asyraf Agatha Ayu Adetya, Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pengguna Hicard Pada Hypermart Bangkalan Plaza. Dibawah bimbingan Bambang Setiyo Pambudi, S.E., MM dan Suyono, S.E., M.S.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Marketing yang terdiri dari empat variabel (bonding/ikatan, empathy/empati, reciprocity/timbal balik, dan trust/kepercayaan) secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pengguna Hicard pada Hypermart Bangkalan Plaza, dan untuk menganalisis manakah variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pengguna Hicard pada Hypermart Bangkalan Plaza. Populasi dalam penelian ini adalah seluruh pengguna hicard pada Hypermart Bangkalan Plaza yang berjumlah 27.256 orang. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis, dengan menggunakan uji instrument (uji validitas dan reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Berdasarkan analisis uji regresi linier berganda ditemukan bahwa (1) kepuasan pelanggan pengguna hicard dalam berbelanja di Hypermart Bangkalan Plaza dapat dijelaskan oleh variabel bebas yang terdiri dari bonding/ikatan, empathy/empati, reciprocity/timbal balik, dan trust/kepercayaan. (2) Customer Relationship Marketing yang terdiri dari empat variabel (bonding / ikatan, empathy / empati, reciprocity / timbal balik, dan trust / kepercayaan) secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna Hicard pada Hypermart Bangkalan Plaza. (3) Hasil uji t menyatakan bahwa variabel yang memiliki pengaruh dominan yaitu variabel empathy / empati, maka hipotesis yang menyatakan variabel empati berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan dapat diterima. Kata kunci: Customer Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan.
AbstractionAbthal Asyraf Agatha Ayu Adetya. The Influence of Customer Relationship Marketing on Hicard Users’ Satisfaction at Plaza Hyper mart Bangkalan. Advisor I: Bambang Setiyo Pambudi, S.E., MM; Advisor II: Suyono, S.E., M.S.M. The purposes of this study are to determine the influence of Customer Relationship Marketing consisting of four variables (bonding, empathy, reciprocity, and trust) partially and simultaneously influence the Hicard users’ satisfaction in Plaza Hyper mart - Bangkalan. Moreover, it also used to analyze the the most dominant variables that influence the Hi card users’ satisfaction in Plaza Hypermart – Bangkalan. Population used is all hicard users of Plaza Hypermart -Bangkalan for 27.256 people. But, only 100 respondents are taken as the samples. Samples collecting technique applied is probability sampling by implementing simple random sampling. Afterwards, the data obtained is analyzed by using instrument testing (reliability and validity test) multiple linear regressions, F test and t test. Based on multiple linear regression analysis found that Hicard users’ satisfaction in shoping at Plaza Hyper mart – Bangkalan is able to be explained by independent variables consisting of bonding, empathy, reciprocity, and trust. Partially and simultaneously, Customer Relationship Marketing consisting of four variables bonding, empathy, reciprocity, and trust has significant influence the Hi card users’ satisfaction in Plaza Hyper mart – Bangkalan. The t test results stating that empathy variable have a dominantly influence on customers’ satisfaction. Keywords: Customer Relationship Marketing, customer satisfaction.