Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PEMBAGIAN KERJA DAN PENDELEGASIAN WEWENANG TERHADAP PRESTASI KERJA DI KANTOR POS PAMEKASANPenulis : Harismatullah HidayatDosen Pembimbing I : Anugrahini IrawatiDosen Pembimbing II :FaidalAbstraksi
ABSTRAK Harismatullah Hidayat. 2014. Pengaruh Pembagian Kerja dan Pendelegasian Wewenang terhadap Prestasi di Kantor Pos Pamekasan, dibawah bimbingan Dra. Hj. Anugerahini Irawati, MM., dan Faidal, SE., MM., Pembagian kerja dan pendelegasian wewenang merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi kerja. Dalam melaksanakan tugas karyawan sering mengalami permasalahan seperti perangkapan pekerjaan atau ketidakjelasan peran, hal ini menyebabkan lambatnya pelaksanaan kerja yang ada di dalam perusahaan dan akan berdampak kurang baik bagi perusahaan terutama pada pretasi kerja karyawannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pembagian kerja dan pendelegasian wewenang berpengaruh terhadap prestasi kerja di Kantor Pos Pamekasan. Kemudian mengetahui variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap prestasi kerja di kantor pos pamekasan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda ditemukan bahwa variabel pembagian kerja (X1) berpengaruh terhadap variabel prestasi kerja sebesar 58,3%. Sedangkan variabel pendelegasian wewenang (X2) berpengaruh terhadap variabel prestasi kerja sebesar 42,6%. Kemudian hasil koefisien determinasi berganda (R2) atau R Square menunjukkan hasil sebesar 0,948 hal ini menunjukkan bahwa persentase pengaruh variabel pembagian kerja dan pendelegasian wewenang terhadap prestasi adalah sebesar 94,8%. Sedangkan sisanya sebesar 5,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pembagian Kerja, Pendelegasian Wewenang dan Prestasi Kerja
AbstractionABSTRACT Harismatullah Hidayat. 2014. The Influence of Division of Labor and Delegation of Authority on employee’s achievement in Pamekasan Post Office. Advisor I: Dra. Hj. Anugerahini Irawati, MM., Advisor II: Faidal, SE., MM., Division of labor and delegation of authority are main factor that can influence employee’s achievement. In accomplishing job, employee often experience problems such as multi task or role ambiguity. These can cause to the slowness in working performance in the company and give the negative effect mainly in achievement. The purpose of this study is to determine the influence of performance of labor divisioning and authority delegation on work achievement in Pamekasan Post Office. Then, it is purposed to determine the dominant independent variable that mostlu influence the work achievement in Pamekasan post office. Based on the result of multiple linear regression analysis, it is shown that labor division of labor variable (X1) influences the work achievement of 58,3%. On the other side, authority delegation variable (X2) influences the work performnace variable of 42,6%. Next, the result of multiple determination coefficients (R2) or R Square shows the number of 0,948. This proves that the influence percentage of variabel labor division variable and delegation of authority on work performance is 94,8%, while the remaining of 5,2% is affected or explained by other variables outside this study. Keywords: Division of labor, Delegation of authority and work performance.