Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Penyelesaian Penulisan Skripsi Pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Trunojoyo Madura”.Penulis : WahyudiDosen Pembimbing I : Drs. Ec. Mudji Kuswinarno, M.Si.Dosen Pembimbing II :Faidal, S.E.,MM.Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Prokrastinasi Akademik secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penyelesaian Penulisan Skripsi pada mahasiswa semester akhir Universitas Trunojoyo Madura, dan untuk mengetahui variabel (X) yang dominan berpengaruh terhadap Variabel (Y) Hasil penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dari angkatan 2010 sampai dengan 2012 dari seluruh fakultas di Universitas Trunojoyo Madura. Berdasarkan uji regresi linier berganda ditemukan bahwa takut gagal menunjukkan hasil perhitungan uji t adalah t hitung (5,311) > t tabel (1,65) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Tidak menyukai tugas t hitung (2,678) > t tabel (1,65) dengan signifikansi 0,009 < 0,05, dan Ketergantungan pada orang lain t hitung (6,658) > t tabel(1,65) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dari rincian diatas variabel Prokrastinasi akademik secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyelesaian penulisan skripsi. Kemudian berdasarkan Uji F menunjukkan F hitung (95,213) > F tabel (2,70) maka dapat disimpulkan bahwa variabel faktor prokrastinasi akademik secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyelesaian penulisan skripsi. Dilihat dari nilai Beta ketiga variabel, variabel Ketergantungan pada orang lain mempunyai nilai Beta tertinggi yaitu 0,455 sehingga dapat disimpulkan variabel Ketergantungan pada orang lain bepengaruh dominan terhadap penyelesaian penulisan skripsi. Kata Kunci: Prokrastinasi akademik, Penulisan Skripsi
AbstractionThe purposes of this study is to determine whether the reasons of academic procrastination variable have positive and significant effect on the completion of study variable partially and simultaneously; and to determine which the dominant variable has effect on the completion of study variable. This research used quantitative methods that the amount of samples as 100 students were obtained using the Slovin formula. It’s used 2010-2012 periods. This research was analyzed using multiple linear regression analysis. Testing the the research instruments, using classical assumption test, and analysis technique to test hypothesis using F test and t test. Data is obtained from the process Interviews, observations, and questionnaires which distributed to the respondents. . Using this method, the results indicate that: 1) the reasons of procrastination variable have positive and significant effect on the completion of study variable simultaneously. Furthermore, 2) the reasons of procrastination variable have positive and significant effect on the completion of study variable partially. Then the dominant variable that effecting on the completion of study variable is dependence on others variable. Its can be seen from the value of Beta coefficient as 0.455 greaters Keywords: Academic Procrastination, completion of study.