Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BHENTENG TERHADAP ASPEK-ASPEK KEMATANGAN SOSIAL ANAK
    Penulis : MOHAMMAD HELMI FAUZY
    Dosen Pembimbing I : Yudho Bawono, S. Psi., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Permainan Tradisional Bhenteng Terhadap Aspek-Aspek Kematangan Sosial Anak. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen yang dilakukan pada anak-anak berjenis kelamin laki-laki usia 5-12 tahun yang menggunakan teknik sampling jenis nonprobability samplig dengan menggunakan bentuk purposive sampling, sebagaimana dijelaskan menurut (Sugiyono, 2014). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kematangan sosial Adapun bentuk alat skala kematangan sosial dalam penelitian ini adalah berbentuk aitem-aitem yang mirip dengan pedoman observasi yang terdiri dari 118 aitem yang masing masing aitem merupakan pengembangan dari 8 aspek kematangan sosial yang dikemukakan oleh Doll (dalam Soetjiningsih, 1995).Analisis data yang digunakan adalah uji t-test dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini diperoleh hasil uji 2 related samples tests menujukkan bahwa pada aspek self direction (SD) nilai asymp sig (2-tailed) adalah 0,00 ? 0,05, Aspek Occupation (O) 0,002 ? 0,05, Aspek Communication (C) 0,001 ? 0,05, Aspek Locomotion (L) 0,006 ? 0,05, dan Aspek Socialization (S) 0,005 ? 0,05, semua nilai asymp sig (2-tailed) pada aspek tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan permainan tradisional terhadap aspek-aspek Kematangan Sosial tersebut, dan hasil uji related samples tests yaitu aspek self help general SHG nilai asymp sig (2-tailed) adalah 1 > 0,05, aspek self help eating (SHE) 1 > 0,05, dan aspek self help dressing (SHD) 0,083 > 0,05 semua nilai asymp sig (2-tailed) menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang sigifikan permainan tradisional terhadap aspek-aspek Kematangan Sosial tersebut. Kata Kunci : Kematangan sosial anak, Permainan tradisional bhenteng Daftar Pustaka : 21 (1995-2014)

    Abstraction

    This study aims to determine whether there Effect of Traditional Games Bhenteng to the aspects of Children's Social Maturity. This study uses Experiments conducted on children sex male age 5-12 who use sampling techniques non probability types samplig using a form of purposive sampling, as described by (Sugiyono, 2014). Data collection used is the scale of social maturity As for the shape of the scale social maturity in this study is shaped of item that is similar to the observation guide consisting of a 118- items while for each item is a development of eight aspects of social maturity proposed by Doll (in Soetjiningsih, 1995) Analysis of the data used is the t-test with SPSS 16.0. The results of this study showed two related samples test tests showed that the aspect self direction (SD) values a symp sig (2-tailed) is 0.00 ? 0.05, Aspect Occupation (O) 0.002 ? 0.05, Aspect Communications ( C) 0,001 ? 0,05, aspect Locomotion (L) 0.006 ? 0.05, and aspects of Socialization (S) 0.005 ? 0.05, all grades a symp sig (2-tailed) on these aspects indicate that H0 is rejected it means no influence significant traditional game of aspects of the Social Maturity, and test results related samples tests are general aspects of self help SHG a symp value sig (2-tailed) is 1> 0.05, the aspect of self help eating (SHE) 1> 0, 05, and aspects of the self help dressing (SHD) 0.083> 0.05 all grades asymp sig (2-tailed) showed that there was no influence sigifikan traditional game of aspects of the Social Maturity. Keywords : social maturity of children , traditional games bhenteng Bibliography : 21 (1995-2014)

Detail Jurnal