Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENGGUNAAN TERAPI ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS) TERHADAP KEMAMPUAN TOILET TRAINING PADA ANAK AUTISPenulis : LINDA MAYA PUTRIDosen Pembimbing I : YudhoBawono, S. Psi., M.SiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi ABA (Applied Behavior Analysis) terhadap kemampuan toilet training pada anak autis, penelitian ini menggunakan desain eksperimental kasus tunggal (Single-case experimental design). Dan menggunakan desain A-B withdrawal, dalam desain eksperimental kasus tunggal, sebuah perilaku diukur (baseline), sebuah perlakuan diintroduksikan (intervensi),subjek diberikan fase baseline selama 3 hari, kemudian dilanjut pada fase intervensi yang dilakukan selama 6 hari dengan memberikan tabel tentang kemampuan toilet training pada anak autis. Ketika selesai pada fase perlakuan dapat ditarik didalam grafik. pada fase baseline (A) dengan fase intervensi (B) yaitu menunjukkan 187,5% di akhir waktu baseline dan 287,5% diakhir waktu Intervensi. Yang menunjukkan ada perubahan yang menunjukkan peningkatan setelah diberikan masa baseline dan masa intervensi.
AbstractionThe purpose of this study was to determine the therapeutic effect of ABA (Applied Behavior Analysis) on the ability of toilet training in children with autism, this study used a single case experimental design (single-case experimental design). And use design AB withdrawal, in the design of experimental single case, a behavior is measured (baseline), a treatment is introduced (intervention), the subjects were given a phase baseline for 3 days, and then continued in the intervention phase conducted for 6 days to give a table on the ability toilet training in children with autism. When completed the treatment phase may be withdrawn within the chart. the baseline phase (A) with the intervention phase (B) which showed 187.5% at the end of the baseline period and 287.5% at the end of time intervention. Which showed no changes showed improvement after a given period of time baseline and intervention.