Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Kemandirian merupakan salah satu faktor pendukung terhadap prestasi belajar siswa, baik itu siswa yang berdomisili maupun siswa yang tidak berdomisili di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian dan prestasi belajar antara siswa MTs yang berdomisili dan tidak berdimisili di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan, dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 150 siswa dibagi menjadi 75 siswa berdomisili dan 75 siswa tidak bedomisili di pondok pesantren. Teknik pengumpulan data kemandirian menggunakan skala kemandirian. Sedangkan data prestasi belajar diperoleh dari hasil raport dari masing-masing siswa. Hasil uji statistik paired sample t-tes melalui SPSS.16.0 adalah kemandirian nilai sig 0.004 < 0.05 dengan rata – rata siswa yang berdomisili yaitu 1,4900 dan siswa yang tidak berdomisili yaitu 1,4145. Sedangkan hasil prestasi belajar adalah sig 0.002 < 0.05 dengan rata-rata 54,5387 untuk siswa yang berdomisili di pondok pesantren dan 48.2640 untuk siswa yang tidak berdomisili pondok pesantren. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan tingkat kemandirian dan prestasi belajar antara siswa MTs yang berdomisli dengan siswa yang tidak berdomisili di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata- Bata Pamekasan. Kata kunci: Kemandirian, Prestasi Belajar, Berdomisili, tidak berdomisili, Pondok Pesantren.

    Abstraction

    Independence is one of the contributing factors against student achievement, both students who are domiciled and non-domiciled in boarding school. This study aimed to determine the differences of the level of independence and achievement between the students of Junior High School Mambaul Ulum Bata-Bata who are domiciled and non-domiciled in Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School Pamekasan, using quantitative methods. The research subjects were 150 students and were divided into 75 of domiciled students and 75 of non-domiciled students in the Islamic boarding school. The technique of collecting data of independence used independence scale. The data of the learning achievement was obtained from report cards from each student. The result of statistical test of paired sample t-test for independence through SPSS.16.0 is sig 0.004> 0.05 with an average of 1.4900 for domiciled students and 1.4145 for non-domiciled students. The result of learning achievement is sig 0.002 <0.05 with an average of 54.5387 for domiciled students and 48.2640 for non-domiciled students. The results showed that there are differences of the level of independence and learning achievement between students of Junior High School Mambaul Ulum Bata-Bata who are domiciled and non-domiciled in Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School Pamekasan. Keywords: Independence, Learning Achievement, Domiciled, Not Domiciled, Islamic Boarding School

Detail Jurnal