Detail Karya Ilmiah
-
KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DALAM TRANSAKSI ANTAR PEMBELI DAN PENJUAL OBAT ALGANAX 1 MG DI APOTEK X BANGKALANPenulis : FAHMI BAHARISDosen Pembimbing I : Dessy Trisilowaty, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi verbal dan nonverbal pembeli dengan penjual saat melakukan proses transaksi obat alganax, khususnya pembeli yang tidak memiliki resep. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam melakukan proses ilmiah ini dengan melakukan pengamatan secara langsung, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi berupa foto tempat dan subjek penelitian. Data yang dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang didapat dalam skripsi ini bahwa keduanya sangat berhubungan, dimana penjual membutuhkan pembeli sedangkan pembeli membutuhkan obat alganax. Dari hasil penelitian, keefektifan komunikasi verbal yang disampaikan oleh semua pembeli obat alganax tergantung dari kedekatan antara pembeli dan penjual. Bahasa verbal penjual merupakan salah satu aspek sebagai penunjang keberhasilan transaksi yang dilakukan oleh semua pembeli. Komunikasi nonverbal yang digunakan oleh semua pembeli lebih dominan pada gerakan tubuh, ekspresi wajah, gaya bahasa pembeli saja, sedangkan komunikasi nonverbal berupa kode-kode hanya berlaku bagi pembeli lama ketika bertransaksi di apotek x dalam keadaan ramai. Kata kunci: obat alganax, komunikasi verbal dan nonverbal, transaksi penjual dan pembeli
AbstractionABSTRACT The purpose of the study is to determine nonverbal and verbal communication between seller and buyer in the transaction process of alganax medicine, especially for those buyers who does not bring any prescription. Data collected is then analyzed by using qualitative descriptive method. Data collecting technique used is direct observation which refers to direct interviews to informants and doing documentation in the form of photograph at the subject and location of study. The result shows that both subjects of study are related to each other, in which the sellers demand buyers while the buyers needs the alganax. Of research,verbal communication is the effective one in doing selling transaction of alganax. The effectiveness of verbal communication submitted by all buyers alganax drug depends on the closeness between buyers and sellers. Seller verbal language is one aspect to support the success of transactions by all buyers. Non-verbal communication is only dominant is the buyers gesture only. Furthermore, nonverbal which contains of code is only valid for previous buyers. But, from the overall communication, the verbal is so dominant in the process of selling. Keywords: Nonverbal and verbal communication, sellers, buyers and transaction.