Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH POMOTIONAL MIX TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE WISATA BAHARI LAMONGAN (WBL)
    Penulis : MASHLAHATUN NI'MAH
    Dosen Pembimbing I : SUROKIM, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Dr. YULIANA RAHMAWATI, S.Sos., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promotional mix yang terdiri dari Periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyrakat, penjualan personal, dan pemasaran internet secara simultan maupun persial terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan dan untuk menganalisis variabel-variabel promotional mix yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang dipergunakan adalah accidental sampling sedangkan pengumpulan data primer melalui kuesioner kepada 200 wisatawan yang mengunjungi Wisata Bahari Lamongan yang memakai gelang tiket masuk. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyrakat, penjualan personal, dan pemasaran internet secara simultan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 64.1% terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan. Sedangkan secara persial periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan personal berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan, kemudian hubungan masyrakat dan pemasaran internet berpengaruh tidak secara signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjug ke Wisata Bahari Lamongan. Variabel penjualan personal merupakan variabel yang membrikan kontribusi tertinggi terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan. Kata Kunci: Promotional mix, Wisatawan, Keputusan berkunjung, Wisata Bahari Lamongan.

    Abstraction

    This study ained to analyze the influence of promotional mix consists of advertising, sales promotion, direct marketing, public relation, personal selling, and internet marketing as persially and simultaneously to the tourists decision made to visit Wisata Bahari Lamongan and to analyze variables that provide promotional mix highest contribution to the tourists decision to visit Wisata Bahari Lamongan. Research type is explanatory with quantitative approach. Sampling tachnique used is accidental sampling while collecting primary data through questionnaires to 200 tourists who visit Wisata Bahari Lamongan who is used admission bracelet. The data has been collected and analyzed using multiple linear regression analysis. The results show that advertising, sales promotion, direct marketing, public relation, personal selling, and internet marketing simultaneously positive and significant effect of 64.1% againts the decision of tourists to visit Wisata Bahari Lamongan. While the persial advertising, sales promotion, direct marketing, personal selling singnificantly influence on the tourists decision to visit Wisata Bahari Lamongan, then public relations and internet marketing doesn’t significantly influence on the tourists decision to visit Wisata Bahari Lamongan. Personal selling variable is a variabel that the giving highest contribution to the tourists decision to visit Wisata Bahari Lamongan. Keywords: Promotional Mix, Tourists, Wisata Bahari Lamongan, decision to visit

Detail Jurnal