Detail Karya Ilmiah

  • PROSES KOMUNIKASI KAMPANYE KEPALA DESA TERPILIH (Studi Deskriptif Pra Pemilihan Kepala Desa di Desa Lapa Daya Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Madura)
    Penulis : DEDY DARMAWAN
    Dosen Pembimbing I : Dinara Maya Julijanti, S. Sos., M. Si
    Dosen Pembimbing II :Sri Wahyuningsih, S.Sos., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Proses Komunikasi Kampanye Kepala Desa terpilih di Desa Lapa Daya dalam pemilihan Kepala Desa di Lapa Daya untuk bisa memenangkan pemilihan dengan Kepala Desa sebelumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Proses Komunikasi Kampanye Kepala Desa terpiih Pra pemilihan Kepala Desa Lapa Daya Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Madura. Dengan menggunakan teori Komunikasi Lasswell. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan serta melakukan wawancara mendalam dengan Kepala Desa terpilih dan Tim Sukses yang ditentukan melalui Purposive Sampling yakni pemilihan sampel berdasarkan karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Komunikasi Kampanye Kepala Desa terpilih yaitu dengan dibentuknya tim sukses jauh sebelum hari pemilihan berlangsung. Tim sukses yang di ambil diharapkan guna untuk membangun hubungan lebih dekat dengan masyarakat. Selain menggunakan Tim Sukses Kepala Desa terpilih juga turun langsung ke masyarakat dan meminta tolong untuk dipilih, mengingat citra Kepala Desa sebelumnya sudah jelek di mata masyarakat. Proses Komunikasi Kampanye Kepala Desa terpilih Dalam Teori Horald D Laswell, Who, Says What, In Which Channel, To Whom, With What Effect. Kedua faktor-faktor penting di atas merupakan keberhasilan menjadi Kepala Desa di Desa Lapa Daya Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Madura. Kata Kunci : Proses Komunikasi Kampanye Kepala Desa Lapa Daya, Teori Horald D Laswell.

    Abstraction

    The purpose of the study is to determine the Campaign Communication process of Elected Lapa Daya Village leader in a village leader election to beat the previous leader. The statement of research problem is how Campaign Communucation process of Elected Lapa Daya Village leader in Lapa Daya Village leader Pre- election, Sumenep Region, Madura by applying Lasswell communication theory. The study uses qualitative descriptive study that requires direct and deep observation whit the elected leader and also specified success team determined through Purposive sampling which means selecting samples based on certain characteristic with previos known characteristic population. The results of study showed that the Process Communication Campaign village chief is elected by the formation of a successful team long before the election day. Successful teams are expected to be taken in order to build a closer relationship with the community. In addition to using the Team Success elected village chief also fell directly into the community and ask for help to choose, given the image of the previous village chief has been ugly in the eyes of society. Campaign Communication Process In Theory elected village chief Horald D Laswell, Who, Says What, In Which Channel, To Whom, With What Effect. These two important factors in the success of the above into a village chief in the village of Lapa District of Dungkek Power Sumenep Madura. Keywords: Process Communication Campaign Lapa Village Chief Power, Theory Horald D Laswell.

Detail Jurnal