Detail Karya Ilmiah

  • PERAN NENEK DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL ANAK (STUDI KASUS PADA ANAK TKW DI DESA KETAPANG LAOK, KECAMATAN KETAPANG, KABUPATEN SAMPANG)
    Penulis : FATHOR RAHMAN
    Dosen Pembimbing I : Dr. Dra. Sri Hidayati M.Si.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    RINGKASAN Fathor Rahman, NIM. 09.05.211.00075, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Skripsi ini tentang“Peran Nenek Dalam Membangun Interaksi Sosial Anak(Studi Kasus Pada Anak TKW Di Desa Ketapang Laok, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang)”. Di bawah bimbingan Dr. Dra. Sri Hidayatai M.Si Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami peran nenek dalam membangun interaksi sosial anak. Manfaat penelitian ini secara teoritis dapat menambah literatur ilmiah untuk penelitian selanjutnya serta sebagai pengembangan teori peran. Secara praktis memberikan pemahaman yang utuh tentang peran nenek dalam membngun interaksi sosial anak yang orang tuanya menjadi tenaga kerja wanita.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Metode pemilihan informan menggunakan purposive sampling, sebanyak tujuh informan. Teknik analisis datamelalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan triangulasi sumber, untuk proses keabsahan data melalui perbandingan data yang diperoleh dilapangan dari hasil wawancara dengan ke tujuh informan. Berdasarkantemuandilapangandapatdiambilkesimpulancaranenekmembanguninteraksisosialanakdibagimenjaditigabagian. Pertama, cara nenek membangun interaksi sosial anak dengan orang yang lebih muda seperti nenek mengajari anak asuh tersebut untuk bersikap sayang kepada orang yang muda, member dan menjadi contoh/teladan yang baik bagi anak ketika bermain dengan orang yang lebih muda, menghargai pendapat adiknya, mengajari untuk tidak suka bertengkar. Kedua,cara nenek membangun interaksi sosial anak dengan orang yang sebaya adalah sebagai berikut, nenek mengajari untuk saling member dan menerima nasehat satu sama lain, saling menolong apabila adat eman yang mendapatkan kesulitan, saling memaafkan satu sama lain apabila ada yang berbuat kesalahan, saling berbagi rasa. Ketiga, cara nenek membangun interaksi sosial anak dengan orang yang lebih tua adalah sebagai berikut, mengajari untuk bersikap hormat kepada kakak kandung atau lainnya agar terjalin hubungan yang harmonis, menyapa dengan sopan dan ramah, saling menghargai pendapat, suka membantu pekerjaan kakak atau lainnya. Kata kunci: Peran Nenek, Membangun, Interaksi Sosial Anak

    Abstraction

    ABSTRACT Fathor Rahman, NIM. 09.05.211.00075, Sociology Program Faculty of Social Sciences and Humanities, University Trunojoyo Madura. This thesis on "The Role Grandma In Building Social Interaction Children (Case Study In Children TKW In the village of Ketapang Laok, District of Ketapang, Sampang)". Under the guidance of Dr. Dra. Sri Hidayatai M.Si The purpose of this study to know and understand the role of the grandmother in building a child's social interaction. The benefits of this research could theoretically add to the scientific literature for further research as well as development of role theory. Practically provide a full understanding of the role of the grandmother in membngun social interaction of children whose parents become female workers. This study used descriptive qualitative method with case study approach. The collection of data through observation and interviews. The method of selecting informants using purposive sampling, seven informants. Mechanical analysis of data through data reduction, data presentation, and conclusion by using triangulation sources, to the validity of the data through a comparison of field data obtained from interviews with seven informants. Based on the findings of the field can be concluded grandmother how to build a child's social interaction is divided into three parts. First, the way grandma build social interaction of children with a younger crowd like a grandmother to teach foster children are to be dear to people who are young, to give and to be an example / role model for your children when playing with younger people, respect the opinion of his brother, teach not quarrelsome. Second, the way grandma build social interaction of children with contemporaries are as follows, grandma taught to give and receive advice to each other, helping each other out if there are friends who get into trouble, forgive each other if there is a mistake, sharing flavor. Third, the way grandma build children's social interaction with older people is as follows, taught to be respectful to the older brother or the other in order to create a harmonious relationship, greeted with polite and friendly, respectful opinions, likes helping sister or other work. Keywords: Role Grandma, Build, Social Interaction Children

Detail Jurnal