Detail Karya Ilmiah

  • Partisipasi Mahasiswi dalam Organisasi Intra Kampus di Universitas Trunojoyo Madura
    Penulis : Ahmad Faishal Anshari
    Dosen Pembimbing I : Aminah Dewi Rahmawati, S.Sos,. M.Si
    Dosen Pembimbing II :Iskandar Dzulkarnain, S.Thi., M.Si
    Abstraksi

    SAN Ahmad Faishal Anshari NIM. 09.05.211.00031, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura. Skripsi ini Tentang. PARTISIPASI MAHASISWI DALAM ORGANISASI INTRA KAMPUS DI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA. Di bawah bimbingan Aminah Dwi Rahmawati, S.Sos., M.Si dan Iskandar Dzulkarnain, S.Thi., M.Si. Penelitian itu dilatar belakangi terhadap kesenjangan peran mahasiswi dalam organisasi intra kampus maka dari itu meskipun ada kesenjangan peran, mahasiswi mempunyai bentuk partisipasi tersendiri untuk mengembangkan bakat dan keilmuannya untuk diaplikasikan dalam organisasi intra kampus. Tujuan dari penelitian ini agar mengetahui bagaimana bentuk partisipasi yang dilakukan oleh mahasiswi dalam organisasi intra kampus terhadap pengaplikasian keilmuannya dan bakat yang dipunyai oleh masing-masing mahasiswi serta pentingnya berorganisasi di lingkungan kampus. Ada beberapa manfaat dalam penelitian ini yaitu manfaat secara teoritis untuk mengetahui bentuk partisipasi mahasiswi dalm organisasi intra kampus dan manfaat secara praktif agar mahasiswa memberi kontribusi jelas terhadap organisasi serta bagi pembina agar menjadi bahan evaluasi untuk bisa solid dan stabil jalan roda organisasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggali data dilapangan dengan cara observasi dan wawancara kepada informan yang sudah ditentukan dipedoman metode penelitian, dan sumber data mengambil dari data primer dan sekunder serta menggunakan triangulasi sumber dalam keabsahan data untuk membandingkan data yang diperoleh di lapangan dengan hasil wawancara dari informan. Teori yang digunakan adalah teori partisipasi yaitu keikutsertaan seseorang dalam aktivitas kelompok untuk mewujudkan tujuan bersama dalam segala aktivitasnya, serta menggunakan teori organisasi kemahasiswaan yaitu wahana atau sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan, peningkatan kecendikawaan, integrasi kepribadian, menanamkan sikap ilmiah, meningkatkan kerja sama dan menumbuhkan persatuan dan kesatuan. Berdasarkan hasil penelitian, maka ada beberapa partisipasi yang di praktekkan oleh mahasiswi di dalam organisasi intra kampus yaitu 1. partisipasi dalam pemikiran yaitu pemberian sumbangsih pemikiran terhadap organisasi 2. Partisipasi tenaga yaitu keterlibatan mahasiswi dalam tenaga untuk memperbaiki dan menyesaikan urusan organisasi 3. Partisipasi harta benda yaitu sumbangan mahasiswi dalam menunjang keuangan organisasi 4. Partisipasi keterampilan yaitu mahasiswi mengaplikasikan keilmuan sesuai dengan bakat masing-masing 5. Partisipasi sosial yaitu mahasiswi memberi penanaman keilmuan dan bakat terhadap adik-adik tingkat 6. Partisipasi memperhatikan yaitu memperhatikan sebuah informasi dari organisasi intra kampus atau luar kampus.

    Abstraction

    ABSTRACT Ahmad Faishal Anshari NIM. 09.05.211.00031, Sociology Department Social Science and Culturey Faculty of Trunojoyo University Madura. The research entitled ”THE PARTICIPATION OF STUDENT IN INTRA-CAMPUS ORGANISATION OF TRUNOJOYO UNIVERSITY MADURA”, it is had by Aminah Dwi Rahmawati, S.Sos.,M.Si and Iskandar Dzulkarnain, S.Thi., M.Si. The backgroud of th reseach, is there has been partisiasion a roke gap a mongst family stents in the intra-campus organisation Sprecially in Trunojoyo of University Madura. The purpose of this research in order to know how to do a form of participation by the student during the intra-campus organisation on the application of their knowledge and talents controlled by each student as well as the importance of organizing on campus. There are several benefits of this research are to determine the benefits teorits preformance student participation and student activity units in any practical benefits in order to give students a cl ear contribution to the organisation as well as for supervisors in order to evaluate the material to be solid and stable way the organisation. In this research, researchers used qualitative research methods to collect data in the field by observation and informant interviews to the guidelines specified in the research methods, data sources taking of primary, secondary data sources, and use of triangulation in the validity of data to compare the data obtained in field with interviews from informants. The theory used is the theory of the participation of a person\'s participation in the activities of groups to achieve a common goal in all the activities, and use of the theory student organization that is a vehicle or tool of personal development of students towards expanding horizons, increase intellectual, integration , personality, inculcate scientific attitude, increase partnership and foster unity. The results by research, there is some participation in practice by students of intra organisation the campus: 1. Participation in the administration thought that ideas of the organization 2. Participation of Power that student’s involvement in the effort to improve and settle the affairs of the organization. 3. Participation of property by donated to support the organization\'s financial students. 4. Participation of the student to apply scientific skills in accordance with their individual talents 5. Social participation that gives students the knowledge and talent cultivation on level siblings 6. Participation attention to the consideration of an organization\'s information from intra or outside of campus

Detail Jurnal