Detail Karya Ilmiah

  • PANDANGAN MASYARAKAT DESA SANA LAOK KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN TERHADAP PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN
    Penulis : Conyvatus Dinar Rohmah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Dra. Sri Hidayati., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Iskandar Dzurkarnain S.Th.I., M.Si
    Abstraksi

    Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Madura. Rumusan masalahnya adalah sebagai berikut, yang pertama; bagaimana pandangan masyarakat Desa Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan terhadap pendidikan di pondok pesantren? dan yang kedua, mengapa masyarakat di Desa Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan lebih memilih memondokkan anaknya di pesantren?. Tujuan penelitian yaitu untuk mendiskripsikan tentang latar belakang masyarkat di Desa Sana Laok lebih memilih memondokkan anaknya. Dan mendiskripsikan pandangan masyarakat di Desa Sana Laok terhadap pendidikan di pondok pesantren. Dalam penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial dari Marx Weber dan Interaksionisme Simbolik J. H Mead. Dari metode yang digunakan diatas hasil penelitian adalah kualitatif deskriptif fenomenologi, dengan paradigma perilaku sosial. Untuk menggali data di lapangan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer, yaitu observasi, wawancara mendalam dan tidak terstruktur, dan FGD. Kalau data sekunder meliputi dokumentasi. Pondok pesantren memiliki peran yang besar dalam rana agama. Tidak hanya itu banyak pondok pesantren yang juga memberikan bekal keteramilan, ilmu sains dan teknologi. Agar generasi mendatang tidak ketinggalan zaman dan mampu bersaing di dalam dunia kerja. Yang pastinya tidak hanya handal dalam pengetahuan agama namun juga dalam bidang non agama. Penyebab masyarakat di Desa Sana Laok dalam memondokkan anaknya karena tradisi, agama (religiusitas), kharismatik kyai dan mendapatkan kehormatan/status sosial. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah manfaat praktis dan manfaat teoritis. Manfaat praktis adalah bagi masyarakat dan pemerintah yaitu menjadi referensi bagi masyarakat Madura, ataupun luar Madura, yang membutuhkan informasi mendalam tentang pendidikan pondok pesantren. Menambah wawasan keilmuwan terkait dengan pendidikan pondok pesantren dalam pandangan masyarakat di Desa Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Madura. Manfaat teoritis, bagi keilmuan khususnya di Bidang Ilmu Sosial (sosiologi): yang pertama dapat memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan sosial yang berkaitan dengan pondok pesantren dan fenomena yang ada dalam masyarakat Madura pada umumnya. Yang kedua dapat dijadikan referensi penelitian di bidang sosiologi yang berhubungan dengan ilmu sosial yang ada kaitannya dengan pendidikan di pondok pesantren dan yang berkaitan dengan masyarakat. Kata Kunci : Pandangan, Masyarakat, Pendidikan, Pondok Pesantren.

    Abstraction

    The location of this study is in Sana Laok village, Waru subdistrict, Pamekasan regency, Madura. The statements of the problem are formulated as: first, how is the point of view of society in Sana Laok village, Waru subdistrict, Pamekasan regency toward the Islamic boarding school education?, and the second is why are the society of Sana Laok village, Waru subdistrict, Pamekasan regency prefer to choose Islamic boarding school for their children? The aim of this study is to describe the reason of society in Sana Laok village prefer to choose Islamic boarding school for their children. Moreover, this study is also aimed to describe the point of view of society in Sana Laok village toward the Islamic boarding school education. This study uses a social action theory of Marx Weber and symbolic interactionism of J. H Mead. From the methods which is used above, the result of the study is fenomenology descriptive qualitative with the social behavior paradigm. To find the data in the field, the primary and secondary data are used. The primary data is observation, unstructured and in-depth interview, and FGD. Meanwhile, the secondary data is documentation. The Islamic boarding school has an important role in religion side. Besides that, there are many Islamic boarding schools which give a basic skill, science, and technology so that the next generation will not be left out the period and be able to compete in job world. It is to be certain that they are not only good in religion knowledge, but also in non-religion side. The causal factors which make the society in Sana Laok prefer to choose Islamic boarding school for their children are tradition, religion, charisma of kyai, and social status. Furthermore, the benefits of this study are practical and theoretical benefit. The practical benefit is for society and government that becomes the reference for Madura society either or outside Madura who need the more information about the Islamic boarding school education. To increase the knowledge insight in line with Islamic boarding school education in the point of view of society in Sana Laok village, Waru subdistrict, Pamekasan regency, Madura. The theoretical benefit for science especially in science of social (Sociology) such as: first, give the contribution of social science in line with Islamic boarding school and phenomenon in Madura society generally. Second, become the study reference in sociology field in line with social science which is connected with the Islamic boarding school education and society. Keywords: Society point of view, Education, Islamic boarding school.

Detail Jurnal