Detail Karya Ilmiah

  • A STUDY OF SELLERS' UTTERANCES IN KI LEMAH DUWUR MARKET BANGKALAN MADURA
    Penulis : Kamelia
    Dosen Pembimbing I : Rosyida Ekawati, S.S., M.A.
    Dosen Pembimbing II :Dr. Masduki, M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tuturan penjual di pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan Madura dalam menarik perhatian orang dan fungsi tuturannya. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab tiga masalah penelitian, yaitu: (1) apa jenis tuturan yang digunakan oleh penjual dalam menarik perhatian orang di pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan, (2) fungsi tuturan apa saja yang digunakan oleh penjual dalam menarik perhatian orang di pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan, (3) fungsi tuturan apakah yang paling dominan digunakan oleh penjual dalam menarik perhatian orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode interaktif dalam menjelaskan ucapan-ucapan penjual. Setelah mengumpulkan dan memperoleh data, data diklasifikasikan dan dibahas berdasarkan ucapan-ucapan para penjual dan fungsi tuturannya dan ditemukan fungsi tuturan yang dominan yang digunakan penjual untuk menarik perhatian orang. Ada enam puluh lima (65) data yang telah ditemukan. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar ucapan penjual adalah tindak tutur langsung, penjual menggunakan tindak tutur langsung dengan memerintahkan, meminta, dan memberikan informasi untuk menarik perhatian pembeli /orang. Hal ini juga ditemukan bahwa ada tujuh fungsi tuturan, yaitu: fatis, direktif, referensial, direktif-referensial, fatis-direktif-ekspresif-referensial, fatis-direktif-referensial, dan fatis-referensial fungsi. Selain itu, fungsi tuturan yang paling dominan yang ditemukan adalah fungsi direktif. Kata kunci: penjual, tindak tutur langsung dan tidak langsung, fungsi tuturan.

    Abstraction

    The objectives of the study are to analyze sellers’ utterances in Ki Lemah Duwur market Bangkalan Madura in attracting people attentions and the speech fuction. This study is conducted to answer three research problems, those are: (1) what kind of utterances used by sellers in attracting people attentions in Ki Lemah Duwur market Bangkalan, (2) what are the speech functions used by sellers in attracting people attentions in Ki Lemah Duwur market Bangkalan, (3) what are the most dominant language functions used by sellers in attracting people attention. This study is a descriptive qualitative research. It applies interactive method in explaining the utterances of sellers. After the data were obtained, the data were classified and discussed based on the sellers’ utterances and the speech function and the dominant speech function were considered. There are sixty five (65) data. The findings showed that most of sellers’ utterances are direct speech act, the sellers use direct speech act by commanding, asking, and giving information to attract buyers/people attentions. It also found that there are seven language functions, those are: phatic, directive, referential, directive-referential, phatic-directive-expressive-referential, phatic-directive-referential, and phatic-referential functions. Then, the most dominant language function that is found is directive function. Keywords: sellers, direct and indirect speech act, speech function.

Detail Jurnal