Detail Karya Ilmiah

  • APLIKASI PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR(SD) MENGGUNAKAN FLASH
    Penulis : Harirotul Hasanah
    Dosen Pembimbing I : Haryanto, S.T, S.Kom
    Dosen Pembimbing II :Haryanto, S.T, S.Kom
    Abstraksi

    Saat ini dalam hal penyampaian pembelajaran yang diterapkan disekolah-sekolah kurang efektif, yang dapat berdampak kurangnya pemahaman pada siswa siswi terutama pada mata pelajaran matematika sekolah dasar(SD). Mata pelajaran matematika diberikan kepada semua siswa-siswi Sekolah Dasar untuk membekali siswa-siswi dengan kemampuan berfikir logis, analisis, sistematis, dan kreatif, serta mampu bekerja sama. Pada kesempatan ini penulis berinisiatif membuat suatu aplikasi multimedia, dimana aplikasi ini sangat mudah dipahami oleh pengguna karena didalamnya terdapat pembelajaran matematika dan latihan soal-soal yang berupa pilihan ganda. Disamping itu aplikasi ini disertai dengan suara dan gambar animasi. Penulis bertujuan untuk memberikan alternatif metode pembelajaran dalam proses belajar-mengajar pada mata pelajaran matematika untuk siswa-siswi kelas 3 SD. Dan aplikasi ini mengacu pada kurikulum 2006, jadi pembuatannya lebih tersetruktur. Dan pada aplikasi ini terdapat soal-soal yang akan diacak. Aplikasi ini terdiri dari materi mengenal bilangan, garis bilangan, operasi hitung bilangan yaitu (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian), dan pengukuran waktu, panjang dan berat, pecahan sederhana, unsur dan sifat bangun datar sederhana,jenis dan besar sudut, keliling dan luas persegi dan persegi panjang dan yang lainnya.

    Abstraction

    This time in terms of delivery of applied learning in schools is less effective, which may result in a lack of understanding of students of mathematics, especially in elementary school (SD). Mathematics courses given to all elementary school students to equip students with the ability to think logically, analytical, systematic, and creative, and able to work together. In this moment I took the initiative to create a multimedia application, where the application is very easy to understand by users because in it there is the learning of mathematics and practice questions in the form of multiple choice. Besides, the application is accompanied by a sound and animated images. Author aims to provide an alternative method of learning in the teaching-learning process in mathematics for students in 3rd grade. And this application refers to the curriculum in 2006, so making more tersetruktur. And in this application there are questions to be randomized. This application consists of a material known numbers, the number line, the numbers count operation (addition, subtraction, multiplication and division), and the measurement of time, length and weight, simple fractions, elements and properties flat up simple, kind and a great angle, and circumference area of ??the square and rectangle and others.

Detail Jurnal