Detail Karya Ilmiah
-
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI ULAR TANGGA BERBASIS DEKSTOPPenulis : DONY PRANATADosen Pembimbing I : Meidya koeshedianto S.Si, M.TDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAKSI Pentingnya memancing interaksi positif anak sejak dini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan kemampuan bersosialisasi. Penulis memilih media game karena game adalah media yang menarik untuk belajar tanpa menghilangkan aspek-aspek bermain. Kemampuan yang khusus dikembangkan dalam aplikasi ini adalah kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif tersebut adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, baik berpikir, mengingat dan mengambil keputusan. Kemampuan kognitif merupakan sesuatu yang fundamental dan yang membimbing tingkah laku anak. Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi berbasis desktop. Aplikasi game yang dirancang untuk memberikan nilai edukasi bagi anak-anak. Game ini berupa game ular tangga yang didalamnya terdapat pertanyaan yang berada pada beberapa kotak dari papan permainan. Dimana pertanyaan yang keluar berupa gambar, angka dan lainnya. Dengan pengkhususan pertanyaan untuk membantu perkembangan kognitif. Kata kunci : Desktop game, ular tangga, Edukasi, kognitif.
Abstraction