Detail Karya Ilmiah
-
INDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DESAIN KAOS UNTUK PENGEMBANGAN IKM OSNGAOS CLOTHING DENGAN METODE KANSEI ENGINEERINGPenulis : WAHYUDI SUTANTODosen Pembimbing I : RETNO INDRIARTININGTIAS, S.T., M.TDosen Pembimbing II :SAMSUL AMAR, S.T., M.ScAbstraksi
Di pulau Madura terdapat IKM yang bergerak di bidang penjualan kaos salah satunya adalah Osngaos Clothing. Mereka menjual produk mereka dengan desain baju yang berkaitan dengan daerah mereka yaitu, Madura. Kebutuhan masyarakat yang selalu berubah-ubah membuat produsen harus menyesuaikan kebutuhan emosional masyarakat, maka dari itulah digunakan metode kansei engineering untuk mengetahui kebutuhan emosional konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebutuhan emosional dengan kepuasan konsumen. Kansei Word diperoleh dari hasil wawan cara terhadap 100 responden, dari 39 kata kansei di eliminasi menjadi 9 kata kansei berdasarkan jumlah pemilih dan pemilihan produsen. Pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh kansei word terhadap dengan kepuasan konsumen diantaranya adalah beda dari yang lainnya (X2.1), tidak pasaran (X2.2), ukurannya pas (X9.1) dan variabel tersebut bersama-sama secara simultan mempengaruhi kepuasan berdasarkan koefisien determinasi dengan 69% yang mempengaruhi dan 31% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
AbstractionOn the island of Madura are IKM engaged in the sale of t-shirts one of which is Osngaos Clothing . They sell their products to design clothes that are associated with their region , namely , Madura . Community needs are always changing to make the manufacturer must adjust the emotional needs of the community , then of kansei engineering method that is used to determine the emotional needs of the consumer . The purpose of this study was to determine the effect of the emotional needs of the consumer satisfaction . Kansei Word obtained from the interviews how the 100 respondents , from 39 kansei word in elimination to 9 kansei words based on the number of voters and election manufacturers . There are several processes through which such validity test , reliability test , the classical assumption , hypothesis testing and multiple regression linie. The results of the analysis using the t test and F test that is part of a hypothesis test to determine the effect on the kansei word with them that affect consumer satisfaction is significantly different from the others ( X2.1 ) , not the market ( X2.2 ) , the size fits ( X9.1 ) and together these variables simultaneously affect satisfaction .