Detail Karya Ilmiah
-
PERUMUSAN STRATEGI BISNIS DI KOPERASI BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMURPenulis : SOFIYANURRIYANTIDosen Pembimbing I : ARI BASUKI, S.T.,M.TDosen Pembimbing II :RETNO INDRIARTININGTIAS, S.T.,SE.,MTAbstraksi
Koperasi BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur merupakan salah satu koperasi yang pengelolahannya berbasis syariah yang terletak didaerah Dukun Gresik. Selama ini koperasi BMT menemui banyak kendala yang ada di masyarakat seperti rendahnya kesadaran masyarakat dalam berkoperasi, kesan negatif dari koperasi BMT dan lain-lain. Salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan merumuskan model strategi bisnis menurut Fred R. David dan arsitektur strategi. Model strategi bisnis ini mempunyai tiga tahap yaitu tahap masukan, pencocokan dan pengambilan keputusan. Matriks-matriks yang digunakan pada penelitian ini adalah IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), CPM (Competitive Profile Matriks), SWOT, SPACE (Strategic Position and Action Evaluation), BCG (Boston Consulting), Matriks IE (Internal-External), Grand Strategy Matrix, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan Arsitektur Strategy. Hasil penelitian ini adalah beberapa alternatif strategi diantaranya adalah Strategi 3 (S3) yaitu memperbaiki citra koperasi syariah BMT, Strategi 1 (S1) Meningkatkan partisipasi, Strategi 6 (S6) menjalin hubungan kemitraan dengan lembaga keuangan, Strategi 10 (S10) yaitu memperkenalkan macam-macam produk dan strategi 2 (S2) Memperluas pasar. Tahap selanjutnya tahap arsitektur strategi yang merupakan tahap menuju tahap pengembangan, tahap kegiatan pengembangan bisnis dan tahap mempertahankan usaha. Kata Kunci : Koperasi BMT, Manajemen Strategi, Konsep Fred David dan Arsitektur Strategy
AbstractionCoorporation BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur is one of the syariah-based cooperatives located in Dukun Gresik. During this time coorporation BMT encounteres many obstacles in society such as lack of public awareness, negative assumptions, and many more. One solution to solve the problems is by architecture strategy and with formulating a business strategy model by Fred R. David. This business strategy model has three phases: input, matching and decision making. Matrices used in this study are the IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), CPM (Competitive Profile Matrix), SWOT, SPACE (Strategic Position and Action Evaluation), BCG (Boston Consulting), IE Matrix (internal-External) Matrix, the Grand Strategy Matrix, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) and Architecture Strategy. Results of this study are several alternative strategies such as Strategy 3 (S3) which is to improve the image of Islamic cooperatives BMT, Strategy 1 (S1) Increase participation, Strategy 6 (S6) establish partnerships with financial institutions, Strategy 10 (S10) is introducing a wide-of products and strategy 2 (S2) Expanding the market. The next stage is the architectural strategies which is the stage of development stages, phases and stages of business development activities to maintain the business. Keyword : Coorporation BMT, Manajemen Strategy, Consept Fred David and Architectural strategies