Detail Karya Ilmiah

  • PEMETAAN POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PADA INDUSTRI KREATIF DI KABUPATEN PAMEKASAN
    Penulis : AYU PURNAMAWATI
    Dosen Pembimbing I : FITRI AGUSTINA, S.T., M.T.
    Dosen Pembimbing II :NACHNUL ANSORI, S.T., M.T.
    Abstraksi

    Penelitian ini membahas tentang pemetaan potensi dan strategi pengembangan industri kreatif pada Kabupaten Pamekasan. Hingga saat ini industri yang terdapat di Kabupaten Pamekasan belum dipetakan ke dalam 14 subsektor industri kreatif Menurut Departemen Perdagangan Republik Indonesia dalam buku Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif 2025 (2008). Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pemetaan, menentukan prioritas pengembangan dan merumuskan strategi pengembangan industri kreatif di Kabupaten Pamekasan. Pemetaan potensi industri kreatif di Kabupaten Pamekasan, Madura berdasarkan variabel-variabel yang digunakan oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia tahun 2007 berdasarkan pada KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia). Untuk mendapatkan prioritas pengembangan maka menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarki Process). Serta perumusan strategi pengembangan menggunakan metode SWOT. Hasil penelitian ini yaitu terdapatnya enam subsektor industri kreatif yang terdapat di Kabupaten Pamekasan yakni subsektor pasar barang seni, subsektor kerajinan, subsektor desain, subsektor fesyen, subsektor video, film dan fotografi, serta subsektor televisi dan radio. Strategi pengembangan untuk subsektor fesyen yakni dengan meningkatkan pembinaan, pendampingan dan pengawasan IKM. Kata kunci: industri kreatif, pemetaan, metode AHP (Analitycal Hierarki Process), metode SWOT

    Abstraction

    This study discusses the potential mapping and strategy development in the creative industries Pamekasan. At present, the industris in Pamekasan heva not been uncategorized into 14 sub-sectors of creative industries According to the Ministry of Commerce of the Republic of Indonesia in the book Creative Industry Development of the Creative Economy Towards Vision 2025 (2008). The purpose of this research is to describe the mapping, determine priorities and formulate development strategies in the development of creative industries Pamekasan. Mapping the potential of creative industries in Pamekasan, Madura, is based on the variables used by the Ministry of Commerce of the Republic of Indonesia in 2007 based on ISIC (Standard Industrial Classification Indonesia). The priority of development is get using AHP (Analytical Hierarchy Process). The formulation of development strategies using SWOT method. The results of this study is the presence of six sub-sectors of creative industries contained in Pamekasan , the sub-market art, crafts subsector, sub design, fashion sub, sub video, film and photography, as well as television and radio subsector. Development strategy for the subsector fashion with increasing coaching, mentoring and supervision of Small and Medium Industries. Keywords: creative industries, mapping, methods of AHP (Analytical Hierarchy Process), SWOT method

Detail Jurnal