Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Pengaruh Hubungan Supplier – Manufacturer Terhadap Kinerja Rantai PasokPenulis : bagus puji utomoDosen Pembimbing I : Dr. Rachmad Hidayat, S.T., M.T.Dosen Pembimbing II :Ari Basuki, S.T., M.T.Abstraksi
Penelitian ini dilakukan di PT.Barata Indonesia (Persero) yang bertujuan untuk mengkaji dan memperoleh bukti empiris pengaruh komitmen, komunikasi, kepuasan, kepercayaan, kualitas hubungan, kinerja rantai pasok. Jumlah sampel dalam penelitian ini, yaitu 150 responden dimana responden tersebut yaitu supplier dari PT.Barata Indonesia (Persero) dengan teknik penarikan sampel menggunakan total sampling. Skala yang digunakan, yaitu skala Likert dengan nilai 1 sampai 5. Data-data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. Hasil pengujian hipotesis baik secara langsung maupun tidak langsung terdapat dua hipotesis yang berpengaruh positif dan signifikan, antara lain pengaruh langsung kepercayaan terhadap kinerja rantai pasok, pengaruh langsung kualitas hubungan terhadap kinerja rantai pasok, namun terdapat juga sembilan hipotesis yang berpengaruh positif namun tidak signifikan. Hasil dari penelitian ini model akhir dengan nilai chi square sebesar 97,779 dan probabilitas sebesar 0,516. Artinya, model secara keseluruhan dikatakan fit. Kata Kunci: hubungan supplier manufacturer, kualitas hubungan, kinerja rantai pasok, SEM(Structural Equation Modeling).
AbstractionThis research was conducted in PT.Barata Indonesia (Persero) which aims to assess and obtain empirical evidence influence commitment, communication, satisfaction, confidence, quality of relationships, supply chain performance. The number of samples in this study, is 150 respondents in which the respondent is a supplier of PT.Barata Indonesia (Persero) with sampling techniques using total sampling. Scale used, namely Likert scale with values from 1 to 5. The data is then processed and analyzed using Structural Equation Modeling. The results of hypothesis testing either directly or indirectly, there are two hypotheses that positive and significant effect, among others, the direct effect of trust on supply chain performance, the direct effect of relationship quality on the performance of supply chain, and there are nine hypotheses were positive but not significant effect. The results of this study with the final model chi-square value of 97.779 and a probability of 0.516. That is, the model is said to fit overall. Keywords: relationship of supplier and manufacturer, quality of relationship, supply chain performance, SEM (Structural Equation Modeling)