Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN FRAME MARKERS PADA PERMAINAN SUSUN KATA BERBASIS ANDROID
    Penulis : Andhika Septiono
    Dosen Pembimbing I : Arik Kurniawati, S.Kom., M.T.
    Dosen Pembimbing II :Cucun Very Angkoso, S.T., M.T.
    Abstraksi

    Di Indonesia banyak sekali mengenal bermacam-macam pemainan kata, salah satu permainan kata yang sering dimainkan melalui jejaring sosial saat ini adalah jenis alfagram. Alfagram adalah permainan menyusun ulang huruf dari sebuah kata agar sesuai alfabetis, misal alfagram “cinta” adalah “tinca”. Sementara ini permainan kata alfagram hanya dimainkan secara tradisional seperti menyusun kata dengan mengetik, permainan ini akan dikembangkan dengan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality merupakan konsep penggabungan antara obyek virtual 2D atau 3D pada dunia maya dengan dunia nyata, Augmented Reality digunakan untuk menampilkan obyek 3D perhuruf. Pada Tugas Akhir ini dibangun rancangan tentang teknologi Augmented Reality dengan menggunakan Frame Markers, Frame markers digunakan untuk penanda suatu obyek huruf yang berbeda-beda, ciri tersebut digunakan untuk permainan susun kata. Setiap obyek yang telah terdeteksi oleh kamera mendapatkan sebuah id, dan disimpan ke sistem digunakan untuk proses inti permainan kata. Teknologi Augmented Reality ini telah diimplementasikan kedalam permainan susun kata dan dapat disimpulkan dari hasil uji kuantitatif yang didapatkan dari pengguna aplikasi bahwa 50% puas, 41% lumayan puas, dan 9% tidak puas.

    Abstraction

    In Indonesian know a lot of the game due to a variety of words, one word games are often played through social networking today is kind alfagram. Alfagram is a game of rearranging the letters of a word to fit alphabetically, eg: alfagram "cinta" is "tinca". While this game is played just said alfagram traditionally as compiled by typing words, this game will be developed with the Augmented Reality technology. Augmented Reality is the concept of a merger between 2D or 3D virtual objects in the virtual with the real world, Augmented Reality is used to display the 3D object each letter . In this final design is built on the technology of Augmented Reality using Markers Frame, Frame markers are used to denote an object different letters, are used to characterize stacking word game. Each object has been detected by the camera to get an id, and saved to the system used for the core processes words game. Augmented Reality technology has been implemented into the game stacking words and can be inferred from quantitative test results obtained from the application users that 50% satisfied, 41% satisfied passable, and 9% are not satisfied.

Detail Jurnal