Detail Karya Ilmiah
-
IMPLEMENTASI ACCELEROMETER DALAM PEMBUATAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ANDROIDPenulis : Muhammad Agus PriantoroDosen Pembimbing I : Yonathan Ferry Hendrawan, S.T., M.I.T.Dosen Pembimbing II :Arik Kurniawati, S.Kom., M.T.Abstraksi
Perkembangan game saat ini sebanding dengan perkembangan teknologi, karena secara tidak langsung semakin berkembang macam-macam teknologi juga menciptakan banyak variasi dan jenis game, mulai dari game pc, console, maupun mobile. Perkembangan lainya adalah dalam bidang software yaitu operating system Android yang kini sudah sudah banyak digunakan sebagai operating system untuk mobile phone. Berdasarkan keadaan inilah maka penelitian ini dilakukan, penelitian ini menitik beratkan pada game edukasi karena di dalam game edukasi terdapat banyak hal yang menarik dan variatif tentang sekolah serta dapat membantu para siswa dalam belajar. Game edukasi ini diimplementasikan di mobile phone yang menggunakan operating system Android dengan edukasi yang diangkat adalah tentang matematika (penambahan, pengurangan, dan perkalian). Untuk menambah tingkat fun dari game ini maka ditambahkan genre game race dan accelerometer sebagai kontrol game. Dari pembuatan game ini diketahui bahwa game dapat mempermudah user (siswa SD kelas satu dan dua) dalam belajar matematika dasar (penambahan, pengurangan, dan perkalian), akan tetapi user masih kesulitan dalam menggunakan accelerometer sebagai kontrol game.
AbstractionThe development of the game at this time is comparable with the development of technology, because it does not directly growing a variety of technology also creates many variations and types of games, ranging from pc games, console, and mobile. Other developments in the field of software is the operating system of Android which is now widely used as an operating system for mobile phones. Under these circumstances, the study was conducted, this research focuses on educational game because in the game there are a lot of education and a variety of interesting things about the school and can help students learn. This educational game implemented on a mobile phone that uses the Android operating system with a raised education is about math (addition, subtraction, and multiplication). To add to the fun level of the game is then added to the game genre as a race and accelerometer controls the game. From the making of this game is known that the game can facilitate users (students grade one and two) in learning basic math (addition, subtraction, and multiplication), but the user will still have difficulty in using the accelerometer as a control game.