Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI LATENT SEMANTIC ANALYSIS UNTUK SISTEM PENILAIAN ESAI OTOMATIS MATA PELAJARAN BIOLOGI
    Penulis : Aulia Aprilyana
    Dosen Pembimbing I : Mula'ab Mulyo, S.Si., M.Kom.
    Dosen Pembimbing II :Fika Hastarita Rachman, S.T., M.Eng.
    Abstraksi

    Tes merupakan prosedur yang digunakan untuk penilaian. Pada tespilihan ganda, jawaban telah tersedia. Peserta tes dapat memperkirakan jawaban apabila belum menguasai bahan yang diteskan. Kelemahan ini dapat diatasi dengan menggunakan tes esai. Tes esai juga mempunyai kelemahan yaitu sulit dinilai secara objektif dan membutuhkan waktu yang lama.Dalam penelitian ini dibuat sebuah sistem penilaian esai otomatis untuk mata pelajaran biologi pada SMAN Ploso. Sistem ini menggunakan metode latent semantic analysis (LSA). Pada preprocessing, dilakukan pengecekan sinonim, penghapusan stopword, stemming ECSP dan pembobotan tf*idf. Penilaian dilakukan dengan mengukur nilai similarity antara jawaban siswa dan kunci jawaban dari guru. Deteksi kemungkinan mencontek pada sepasang siswa yaitu apabila 90% dari soal yang mempunyai nilai similarity lebih dari 0,9. Pengujian keakuratan sistem dilakukan dengan cara membandigkan hasil penilaian dari sistem dengan hasil penilaian yang dilakukan guru secara manual. Sistem ini dapat membantu guru SMAN Ploso Jombang untuk mengoreksi jawaban dari soal esai mata pelajaran biologi. Sistem ini mempunyai nilai RMSE sebesar 5,5. Nilai RMSE paling tinggi adalah pada soal yang membutuhkan jawaban urutan. Kemungkinan mencontek siswa SMAN Ploso pada ujian tulang sebesar 3,85%. Kata Kunci:Penilaian esai, latent semantic analysis, ECSP, tf*idf, RMSE

    Abstraction

    Test is a procedure used for the assessment. On a multiple choice test, the answer has been available. The participants can be expect an answer if it has not mastered the material on the Test. This drawback can be overcome by using a test essay. Essay test also has the disadvantage that is difficult to measure objectively and take a long time. In this study created an automated essay scoring system for subjects of biology at state of senior high scool Ploso. This system uses latent semantic analysis (LSA) method. In the preprocessing, checking synonyms, stopword removal, stemming ECSP and tf * idf weighting. Assessment is done by measuring the similarity value. Assessment is done by measuring the similarity between the responses of students and teachers's answer key. Detected possibility to know the answer of the couple students when 90% of question have similarity scores more than 0,9. Testing the accuracy of the system is done by comparing it with the results of the assessment of outcomes assessment system that manually teachers does. This system is expected to help teachers state of senior high scool Ploso to correct an answer essay questions on biology subjects. This system has a RMSE value of above 5,62. The Highest of RMSE value is on the order of questions that need to be answers. Possibility to know the answer students state of senior high scool Ploso at the moment of examination as result as 3,85%. Keywords: essay scoring, latent semantic analysis, ECSP, tf*idf, RMSE.

Detail Jurnal