Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI ALGORITMA RECURSIVE DFS UNTUK AGEN CERDAS PADA GAME EDUKASI MATEMATIKA DASAR BERBASIS ANDROID ACCELEROMETER
    Penulis : Candra Dwi Putro
    Dosen Pembimbing I : Arik Kurniawati, S.Kom., M.T
    Dosen Pembimbing II :Cucun Very Angkoso, S.T., M.T
    Abstraksi

    Game edukasi merupakan salah satu jenis aplikasi permainan interaktif yang digunakan sebagai media pendukung pembelajaran. Dalam game edukasi juga terdapat berbagai tantangan dan konflik yang harus diselesaikan untuk memenangkan permainan. Penyelesaian konflik adalah salah satu aspek dalam edukasi keilmuan yang bertujuan meningkatkan perkembangan kecerdasan dan melatih otak dalam penyelesaian suatu masalah. Pada penelitian ini, penulis mengimplementasikan game edukasi matematika dasar yang diintegrasikan pada aplikasi maze pada perangkat mobile berbasis android. Android merupakan salah satu platform pada perangkat mobile yang sudah memasukkan banyak fitur multimedia. Game ini memanfaatkan teknologi accelerometer, yaitu teknologi yang mampu mengukur pergerakan fisik suatu obyek. Selain itu game ini juga mengimplementasikan algoritma Rekursive Depth First Search (DFS) untuk menentukan jarak tercepat bagi agen cerdas untuk menemukan karakter player sebagai penghambat pemain dalam permainan. Dengan implementasi tersebut, diketahui algoritma Recursive DFS, dapat dimanfaatkan sebagai agen cerdas dalam game edukasi. Dibutuhkan perangkat smartphone dengan kinerja dan sensor accelerometer yang baik agar game ini berjalan optimal.

    Abstraction

    Educational game is a one of interactive game application that is used as a medium of learning support. In the educational game includes a host of challenges and conflicts that must be resolved to win the game. Conflict resolution is one of the aspects of science education which aims to improve the development of intelligence and train the brain in the resolution of a problem. This research implement basic math educational games that are integrated in the maze of applications on mobile devices based on Android. Android is one of the platforms on mobile devices that already incorporate a lot of multimedia features. This game utilizes the accelerometer technology, a technology that is capable of measuring the physical movement of an object. In addition, this game also implements algorithms Rekursive Depth First Search (DFS) to determine the distance the fastest for an intelligent agent to find a player as a barrier to the player character in the game. Recursive DFS method finally can be used as an intelligent agent in the educational game. It takes smartphone devices with accelerometer sensor performance and good that this game runs optimally.

Detail Jurnal