Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS JEJARING SOSIAL DALAM PENENTUAN CENTRALITY PADA MEDIA SOSIAL DENGAN VISUALISASI GRAF TAK BERARAH(UNDIRECTED GRAPH)
    Penulis : NUR ISLAMI SYABANIYAH
    Dosen Pembimbing I : MULA'AB M,S.Si.,M.Kom.,
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Perkembangan internet yang pesat membuat semakin bertambah pula jumlah pengguna internet, khususnya pengguna jejaring sosial facebook. Selain digunakan untuk bertukar informasi, facebook digunakan sebagai media untuk menawarkan barang dagangan(jual-beli online). Online shop yang berkembang saat ini memanfaatkan facebook untuk melakukan promosi sehingga dapat mempermudah pembeli melihat katalog barang dan melakukan penawaran. Pencarian tokoh sentral dalam facebook dapat membantu online shop sehingga promosi lebih merata. Penelitian ini menganalisis aktor sentral pada facebook dengan menggunakan teori sosial network analysis(SNA) dan centrality. Penentuan aktor sentral dilakukan dengan menghitung sentralitas kedekatan(closeness) dan sentralitas keantaraan (betweenness).Aktor dengan sentralitas kedekatan tertinggi lebih cepat menyebarkan informasi karena aktor tersebut memiliki jarak terdekat dengan aktor lainnya. Sedangkan aktor dengan sentralitas keantaraan tertinggi dapat menyebarkan informasi terhadap aktor yang terhubung langsung dengannya atau tidak. Pada penelitian ini dilakukan pencarian aktor sentral pada akun 100005099490481 yang memiliki pertemanan 145. Hasil penelitian menunjukkan nilai closeness tertinggi terdapat pada id 117 dengan nilai 0.823. Nilai betweenness tertinggi pada id 130 dengan nilai 18.898. Dengan menerapkan teori SNA, hasil perhitungan yang divisualisasikan ke dalam graf menunjukkan bahwa id dengan nilai closeness dan betweenness tertinggi sangat berperan penting dalam menghubungkan aktor yang satu dengan yang lain dalam cluster jaringan.

    Abstraction

    The fast development of internet makes the users increase as well, especially the user of facebook. Besides for changing the information, facebook is used as a media for selling something (online shop). Online shop which develops at this time uses facebook to promote something. It is because it can make the buyer easier to see the katalog of something and do an offer. The searching of central actor on facebook can help the online shop, so the promotion can spread evenly. This research analyzes the central actor on facebook by using analysis of social network (SNA) and centrality. The determination of central actor is done by calculating closeness centrality and betweenness centrality. Actor with the highest closeness centrality spreads the information faster, because the actor has closest distance with other actors. Meanwhile, actor with the highest betweenness centrality can spread the information to actor which is directly connected with it or that which is not. In this research, the searching of central actor can be done in this account 100005099490481 which has 145 friends. The result of this research showed that the value of the highest closeness is on the id 117 with the value of 0.823. The value of the highest betweenness is on the id 130 with the value of 18.898. By applying SNA theory, the result of the calculation which is visualized into the graf showed that id with the value of the highest closeness and the highest betweenness has important role in connecting one actor with others in cluster network.

Detail Jurnal