Detail Karya Ilmiah

  • ANALISA FAKTOR PADA FELDER-SILVERMAN LEARNING STYLE DIMENSIONS (FSLSM) MENGGUNAKAN METODE PCA
    Penulis : Ika Nofita Sari
    Dosen Pembimbing I : Andharini Dwi Cahyani. S.Kom., M.Kom.
    Dosen Pembimbing II :Rima Tri Wahyuningrum. S.T., M.T.
    Abstraksi

    Dalam dunia pendidikan dan pengajaran di kelas maupun melalui e-learning, hal utama yang menjadi fokus adalah peserta didik. Bila dikaji dengan cermat, setiap individu mempunyai kemahiran yang berbeda ketika memproses suatu maksud dari sebuah pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan konsep adaptivitas gaya pembelajaran yang sesuai. Karena, hal tersebut merupakan faktor penting terhadap prestasi belajar para peserta didik. Dalam tugas akhir ini, membahas tentang analisa gaya belajar siswa Felder-Silverman Learning Style Model (FSLSM) melalui pengambilan data kuisioner ILS. FSLSM merupakan salah satu model gaya belajar yang mengelompokkan menjadi empat dimensi yaitu active atau reflective, sensing atau intuitive, visual atau verbal, dan sequential atau global. ILS merepresentasikan ciri dari dimensi gaya belajar dalam 44 item soal kuisioner. Banyaknya pertanyaan yang mewakili tiap-tiap dimensi sebagai variabel komponen untuk proses pendeteksian, menyebabkan tingkat akurasi dan kecepatan deteksi karakteristik menjadi rendah. Sehingga diperlukan adanya reduksi ciri terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan analisa faktor utama melalui penerapan metode Principal Component Analysis (PCA). Sistem yang telah dibangun dengan penerapan metode PCA mampu mereduksi soal-soal kuisioner dari 44 soal menjadi 16 soal dengan akurasi keberhasilan tertinggi sebesar 71.7%. Pengujian dilakukan pada 400 data kuisioner sebagai data testing sekaligus data training.

    Abstraction

    In education and teaching in the classroom or e-learning the first thing is student. If examined carefully, each individual has different skills when processing a purpose of a study. Therefore, it is necessary to develop the concept of learning styles adaptive appropriate. Because, it is an important factor to the achievement of the learners. In this study, discussed on the analysis of student learning styles Felder-Silverman Learning Style Model (FSLSM) by using questionnaire of ILS. FSLSM is one model of learning style grouped into four dimensions namely active or reflective, sensing or intuitive, visual or verbal, and sequential or global. The ILS represents the characteristic dimension of learning styles of the 44 item questionnaire about. Many questions that represent each dimension as the variable component for the detection process,it will be low of the detection accuracy and speed characteristics. So, it is necessary to characterize the reduction of the questions are based on analysis of the main factors through the application of Principal Component Analysis (PCA). The system has been built by the application of the PCA method is able to reduce the problems questionnaire of 44 questions to 16 questions with the highest accuracy of 71.7%. Tests performed on 400 questionnaire data with the distribution as the training data and testing data.

Detail Jurnal