Detail Karya Ilmiah

  • APLIKASI BELAJAR MENULIS ALPHANUMERIK UNTUK ANAK USIA PRA-SEKOLAH BERBASIS ANDROID
    Penulis : Darmawan Aditama
    Dosen Pembimbing I : Yonathan Ferry Hendrawan, S.T., M.I.T
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Fuad, S.Kom., M.T
    Abstraksi

    Kemampuan menulis Alphanumerik merupakan bekal utama bagi anak untuk dapat memahami mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan minat dan kemampuan anak dalam belajar menulis Alphanumerik adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa perangkat lunak (software). Penelitian tugas akhir ini adalah membuat sebuah aplikasi yang menyajikan pembelajaran menulis Alphanumerik yang sengaja dikemas dalam bentuk permainan supaya dapat meningkatkan minat belajar anak usia pra-sekolah. Aplikasi pembelajaran ini dibagi menjadi dua, yaitu pengenalan pola dan pengenalan karakter. Untuk pengenalan pola dibuat dengan mengikuti jalur yang ada pada gambar yang diwakili oleh gambar bola sebagai dasar dari tiap sudut Alphanumerik. Garis dibuat dengan menggeser jari pada layar handphone dari satu titik ke titik yang lain yang menghubungkan setiap sudut Alphanumerik. Cara menulis ini dibuat sesuai dengan kaedah penulisan Alphanumerik yang ada di pendidikan menulis usia dini. Sedangkan dalam pengenalan karakter, aplikasi merekam tulisan tangan Alphanumerik yang telah dibuat oleh pengguna pada tempat yang disediakan. Dari tulisan tangan tersebut kemudian akan diproses pada tahapan pengolahan citra. Citra gambar tersebut dibandingkan dengan database yang ada pada aplikasi dengan bantuan Library Tesseract sebagai mesin perbandingannya. Dari hasil uji coba, anak-anak pra-sekolah mudah mengoprasikan aplikasi ini.

    Abstraction

    Alphanumeric writing competence is an important skill for children to understand the lesson that is given in their school. One alternative to develop the child learning interest and ability in alphanumeric writing is by using learning media such as software. This research aims to make an application that provides alphanumeric learning in form of a game, so that it can improve the children learning interest in pre-school age. This application is divided into two parts. The parts are pattern identification part and character identification part. For pattern identification part, the application tracks the path on the screen image that is represented by ball images as the basis of alphanumeric corners. The line is made by sliding user’s finger on the phone screen from one point to another point that connects every corner of Alphanumeric. This way of writing is considered approriate for being used in early childhood education writing. In character identification part, the application records user’s handwriting created by users in the space provided. Then, it will processes the image in the processing stage. The image is compared to the existing database aided by Tesseract Library as the comparison engine. From the test case, pre-school children can easily use the application.

Detail Jurnal