Detail Karya Ilmiah

  • IDENTIFIKASI MODEL GAYA BELAJAR FELDER SILVERMAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK BROWSING SISWA DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER
    Penulis : Ine Ramadani
    Dosen Pembimbing I : Andharini Dwi Cahyani, S.Kom, M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Firli Irhamni, ST.,M.Kom.
    Abstraksi

    E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet. Sudah banyak pembelajaran saat ini yang telah didukung oleh e-learning. Namun, dalam proses pembelajaran, setiap peserta didik mempunyai gaya belajar yang berbeda satu sama lain. Gaya pembelajaran yang berbeda tersebut dapat dikelompokkan dengan cara menggunakan tool kuisioner dan secara otomatis. Penelitian ini akan membahas bagaimana menganalisis gaya belajar peserta didik dan mengelompokkannya dengan menggunakan tool kuisioner serta mengklasifikasi gaya belajar peserta didik menggunkan naïve bayes classifier. Dimensi untuk model gaya belajar yang digunakan adalah Felder Silvermen Learning Style Model (FSLSM).Dengan penelitian ini diharapkan agar dapat mengatasi permasalahan keragaman gaya belajar peserta didik sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran e-learning.

    Abstraction

    E-Learning is an effort to create a transformation of teaching and learning in schools in the digital form which is bridged by the internet technology. This has been a lot of learning time that has been supported by e-learning. However, in the learning process, each learner has different learning styles of each other. Different learning styles can be grouped by using the tool questionnaire and automatically. This study will discuss how to analyze learners' learning styles and group them by using the tool questionnaire and classifying learning styles of learners use the naïve Bayes classifier. Dimension to the learning style model of Felder Silvermen used is Learning Style Model (FSLSM). With this study are expected to be able to overcome the problem of diversity of learning styles of students in order to increase the effectiveness of e-learning.

Detail Jurnal