Detail Karya Ilmiah

  • SISTEM REKOMENDASI PEMBELAJARAN PADA E-LEARNING MENGGUNAKAN ALGORITMA CT-PRO
    Penulis : KHOIRUL UMMAH
    Dosen Pembimbing I : ANDHARINI DWI CAHYANI, S.Kom., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :YENI KUSTIYAHNINGSIH, S.Kom., M.Kom
    Abstraksi

    Perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan khususnya penggunaan e-learning di lembaga pendidikan berkembang cukup pesat. SMAN 2 Pamekasan adalah contoh sekolah yang menggunakan e-learning. Namun, sampai saat ini penggunaan e-learning hanya digunakan untuk melakukan ujian online, pemberian nilai oleh guru dan mengakses materi pelajaran. Oleh karenanya, dalam penelitian ini telah menggunakan data-data yang ada untuk membantu para pengajar dalam mengukur perkembangan dan membantu siswa dalam mengerjakan soal yang dianggap sulit. Mata pelajaran yang digunakan dalam e-learning ini adalah Kimia. Dengan aplikasi ini akan membantu siswa dalam mengerjakan soal dan membantu guru dalam melihat perkembangan siswa. Algoritma yang digunakan dalam aplikasi ini adalah ct-pro, yaitu algoritma dalam association rules untuk mencari hubungan kombinasi dari setiap data. Data yang digunakan adalah jawaban salah dari 150 siswa. Soal terdiri dari 400 nomor dari 20 materi yang ada. Dalam penelitian ini, data dipecah menjadi 6, yaitu data dari 5 siswa,30, 60, 90, 120, dan 150 siswa. Hasil penelitian dari pembagian data tersebut, diketahui bahwa semakin banyak data, maka kombinasi itemset yang terbentuk juga akan semakin banyak, dan waktu proses juga akan semakin lama. Namun, semakin besar minimum support yang diinputkan, maka kombinasi yang terbentuk akan semakin sedikit

    Abstraction

    The progress of information technology in education, especially the use of e-learning in education institutions developed rapidly, SMA 2 Pamekasan was an example of schools that could use elearning. However, the teachers only used to take the value of the test, assignment by the teacher and to access course materials. Therefore, in this research use data that are considered essential to assist teachers measured students’s progress and help students answer the difficult questions. Subjects that used in this e-learning was chemical. Chemical was one subject that was considered difficult by most students. So, this application would help students solve a problems. The algorithm that used in this application was a ct-pro, it was algorithm of association rules to find combinations of data’s relations. The data were the wrong answers of 150 students. Questions consist of 400 numbers and 20 learning materials. In this research, the data was divided into 6, the data from 5 students, 30 students, 60 studenst, 90 students,120 students and 150 students. The results of this reseacrh was if there were more data, the combination formed itemset also be more and more, and the processing time will also be longer. However, if the greater the minimum support was entered, then the combination was formed will be less

Detail Jurnal