Detail Karya Ilmiah
-
Implementasi Game Edukasi untuk Media Pembelajaran Matematika Berbasis HTML5 pada Web BrowserPenulis : Mukhammad Bagus MuslimDosen Pembimbing I : Arik Kurniawati, S.Kom M.T.Dosen Pembimbing II :Yonathan Ferry H, S.T. M.IT.Abstraksi
Game adalah kata dari Bahasa Inggris yang berarti permainan atau pertandingan. Game bisa diartikan sebagai aktivitas terstruktur atau semi struktur, yang biasanya dilakukan untuk bersenang-senang dan kadang digunakan sebagai alat pembelajaran. Game sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Game sebagai media pembelajaran adalah suatu permainan yang dapat menghibur dan mengandung unsur-unsur pendidikan, yang bertujuan untuk bisa menjadi alat pembelajaran. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengimplementasikan HTML5 dalam pembuatan game edukasi pembelajaran matematika tentang operasi aritmatika yang diimplementasikan pada web browser. Penggunaan HTML5 diterapkan karena teknologi ini menunjang dalam pengembangan web game. Dalam pengimplementasian HTML5 penulis menggunakan game engine Construct 2. Hasil dari game engine Construct 2 adalah game dengan format html yang dapat dimainkan di browser sesuai tujuan tugas akhir ini. Sasaran pengguna game ini adalah anak-anak usia 7 sampai dengan 13 tahun. Dari uji coba aplikasi game ini, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa aplikasi tidak dapat berjalan pada semua web browser. Aplikasi ini hanya dapat berjalan pada browser yang mendukung HTML5. Mayoritas anak-anak menyukai metode pembelajaran dengan bermain game seperti ini, namun hal ini belum bisa membuat anak sepenuhnya suka akan pelajaran matematika.
AbstractionGame is a word of English, which means a game or match. Games can be defined as a structured or semi-structured activity, which is usually done for fun and sometimes used as a learning tool. Game is actually essential for brain development, to improve concentration and training to solve problems accurately and quickly because in the game there are various conflicts or problems that require us to solve it quickly and accurately. Games as a medium of learning is a game that can entertain and contain the elements of education, which aims to be a learning tool. This final project aims to implement HTML5 in making educational games math learning about arithmetic operations are implemented in a web browser. The use of HTML5 as the technology is applied to support the web development game. In implementing HTML5 authors using Construct 2 game engine. Results of Construct 2 game engine is the game with the html format which can be played in a browser for the purpose for this thesis. This game is user target children aged 7 to 13 years. Trial application of this game, the obtained results indicate that the application can not run on all web browsers. This application can only run on browsers that support HTML5. The majority of children liked learning methods to play games like this, but it can not make the kids will love math entirely.