Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KECAP CAP SALAK (Studi Kasus di UD. Kecap Jeruk Pecel dan Salak Bangkalan)Penulis : Juni EfendiDosen Pembimbing I : Millatul Ulya, S.TP., M.TDosen Pembimbing II :Banun Diyah Probowati, S.TP., M.SiAbstraksi
Tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin besar, menyebabkan masing-masing perusahaan untuk memberikan layanan dan produk yang terbaik serta mengedepankan keunggulan dari produknya masing-masing. Hal ini menyebabkan kondisi pasar yang semakin kompetitif, preferensi dan loyalitas dari konsumen merupakan kunci kesuksesan. Maka perusahaan dituntut untuk mengembangkan konsep baru melalui atribut-atribut yang ada sehingga dapat dilukukan evaluasi tingkat kepentingan atribut terhadap produk. Analisis konjoin merupakan teknik untuk menentukan tingkat kepentingan dan nilai kepentingan relative dari berbagai atribut beserta level mana saja yang dianggap paling penting menjadi pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi kecap cap salak Bangkalan. Faktor atau atribut dan level yang digunakan adalah : Kekentalan ( agak kental, kental), Warna (coklat, kecoklatan), rasa (agak manis, manis) dan Aroma (biasa, menyengat). Dari hasil analisis konjoin diketahui bahwa preferensi untuk faktor terpenting yang dipertimbangkan oleh konsumen adalah aroma kecap dengan nilai relative sebesar (32,41%), kedua adalah rasa kecap (25,28%), ketiga adalah kekentalan kecap (24,05%) dan keempat adalah warna kecap (18,26%). Sedangkan level yang paling disukai dari faktor yang dipertimbangkan adalah kekentalan kacap yang kental (32,4%), warna kecap yang coklat (25,3%), rasa kecap yang manis (24,1%) dan aroma kecap yang biasa (18,3%). Kata kunci : Kecap, Preferensi Konsumen dan Analisis Konjoin.
Abstraction