Detail Karya Ilmiah
-
preferensi konsumen trerhadap pancake dari tepung sukun consumer preferences towards breadfruit flour pancakesPenulis : sitti rosipahDosen Pembimbing I : burhan.STP.MTDosen Pembimbing II :Dr. umi purwandariAbstraksi
ABSTRAK Preferensi terhadap produk makanan dipengaruhi oleh karakteristik individu (umur, jenisk elamin, pendidikan, pendapatan dan pengetahuan gizi), karakteristik makanan (rasa, rupa, bentuk dan tekstur) serta karakteristik lingkungan (pekerjaan, jumlah keluarga, mobilitas dan musim). Pancake memiliki atribut seperti tekstur, warna, rasa dan aroma. Atribut ini mempengaruhi proses kesukaan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan atribut penilaian preferensi konsumen dan mengetahui urutan preferensi konsumen terhadap pancake dari tepung sukun dengan menggunakan metode analisis konjoin. Metode yang digunakan adalah menentukan atribut dan level atribut pancake dan meminta responden untuk memberikan/ menentukan preferensi terhadap produk pancake. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai utilitas/kegunaan atribut terpilih untuk tingkat kesukaan/pilihan tekstur pancake (agak empuk dengan nilai utilitas sebesar 0,029), warna pancake (warna kuning keemasan dengan nilai utilitas sebesar 0,112), rasa pancake (rasa manis dengan nilai utilitas sebesar 0,021) dan aroma pancake (biasa dengan nilai utilitas 0,566). Prioritas atribut dalam pengambilan keputusan konsumen terhadap konsumsi pancake dari tepung sukun adalah aroma (49,745%), tekstur (19,925%), warna (19,628%) dan rasa (10,702%). Kata Kunci: Preferensi konsumen, pancake, atribut dan nilai utilitas,
AbstractionABSTRACT Preferences for food products is influenced by individual characteristics (age, jenisk elamin, education, income and nutrition knowledge), the characteristics of the food (taste, appearance, shape and texture) and environmental characteristics (occupation, family size, mobility and season). Pancake has attributes such as texture, color, flavor and aroma. These attributes affect the process of consumer preferences. The purpose of this study was to determine consumer preferences and valuation attributes determine the order of consumer preference towards breadfruit flour pancakes from using conjoint analysis. The method used is to determine the attributes and attribute levels pancakes and asked respondents to provide / define preferences towards product pancakes. From the results of this research is that the value of the utility / usability attributes selected for the level of preference / choice of pancakes texture (slightly padded with utility value of 0.029), pancake color (golden yellow color with a utility value of 0.112), flavored pancakes (sweet taste with a utility value amounted to 0.021) and aroma pancakes (plain with utility value 0.566). Priority attribute in consumers' decision making pancakes consumption of breadfruit flour is aroma (49.745%), texture (19.925%), color (19.628%) and taste (10.702%). Keywords: Consumer preferences, pancakes, attributes and utility value,