Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI BERSAING PADA INDUSTRI KERUPUK AMPLANG DI UD SARINA KABUPATEN SUMENEP
    Penulis : Syaifur Rahman
    Dosen Pembimbing I : Banun Diyah Probowati, STP.MSi
    Dosen Pembimbing II :Supriyanto, STP.MP
    Abstraksi

    ABSTRAK UD Sarina merupakan suatu industri pengolahan kerupuk amplang yang berbahan baku ikan tenggiri. Industri ini mengalami penurunan daya saing. Hal ini ditandai dengan penurunan jumlah produksi dan jumlah penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aplikasi strategi bersaing yang dilakukan oleh perusahaan dan untuk mengetahui strategi bersaing yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan dalam upaya meningkatkan omzet penjualan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFAS, matriks EFAS, matriks IE, matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan terdapat faktor internal yang menjadi kekuatan industri kerupuk amplang di UD Sarina yaitu unit produksi yang dekat dengan sumber bahan baku, bahan baku yang berkualitas, atribut mutu rasa yang dapat memuaskan konsumen, modal usaha yang relatif tinggi, keterlibatan keluarga dalam perusahaan yang cukup besar (0,239), produk mudah diperoleh di pasar, teknologi yang digunakan dalam memproduksi relatif sederhana, volume penjualan produk dari tahun ke tahun meningkat. Faktor internal yang menjadi kelemahan industri ini adalah tingkat pendidikan tenaga kerja rendah, kontinyuitas pasokan bahan baku yang terbatas pada bulan-bulan tertentu, keterbatasan sarana dan prasarana distribusi produk, belum menggunakan sarana promosi yang beragam, lokasi produksi jauh dari pasar produk. Faktor eksternal yang menjadi peluang industri kerupuk amplang di UD Sarina adalah loyalitas konsumen yang semakin tinggi, segmen pasar yang masih luas, potensi penjualan yang masih luas, iklim usaha yang terbuka. Faktor eksternal berupa ancaman yang harus dihadapi oleh industri ini adalah banyaknya pesaing baru dengan produk yang sama, kondisi alam berpengaruh pada pasokan bahan baku. Berdasarkan analisis SWOT maka strategi SO merupakan strategi yang paling tepat yaitu dengan meningkatkan ketersediaan produk di pasar. Strategi SO inilah yang digunakan sebagai dasar untuk mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Kata Kunci: Kerupuk Amplang, Strategi Bersaing, SWOT

    Abstraction

Detail Jurnal