Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN PETIS IKAN MASYARAKAT PULAU KECIL (Studi Kasus Di Pulau Mandangin Kabupaten Sampang)
    Penulis : Ihyak Ulumuddin
    Dosen Pembimbing I : Ihsannudin, SP., MP
    Dosen Pembimbing II :Amanatuz Zuhriyah, SP., MMA
    Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan di Pulau Mandangin Kabupaten Sampang dengan tujuan : (1) untuk mengidentifikasi produk-produk industri rumah tangga yang dihasilkan masyarakat Pulau Mandangin, (2) untuk mengetahui kelayakan usaha pembuatan petis ikan di Pulau Mandangin dan (3) untuk mengetahui strategi bauran pemasaran pembuatan petis ikan di Pulau Mandangin. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sensus. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa : (1) terdapat 32 usaha industri rumah tangga yang terdapat di Pulau Mandangin, dimana usaha tersebut menghasilkan 28 produk yang tergolong produk makanan minuman dan 4 produk yang tergolong non makanan dan non minuman, (2) dilihat dari aspek finansial usaha pembuatan petis ikan masyarakat Mandangin layak untuk dijalankan karena memiliki nilai R/C Ratio sebesar 1,58 dengan jangka waktu pengembalian modal selama 1 tahun 6 bulan dan (3) penerapan strategi bauran pemasaran pada usaha pembuatan petis ikan masyarakat Mandangin belum seluruhnya dilaksanakan. Strategi unsur-unsur 4P yaitu terkait dengan product, price, place, dan promotion yang seharusnya ada masih belum dimaksimalkan. Hal ini dapat dilihat dari tidak diterapkannya strategi promosi, kurang maksimalnya strategi produk misalnya packing yang ala kadarnya tanpa adanya desain dan hal-hal menarik lainnya serta kurang maksimalnya pendistribusian produk yang masih belum begitu meluas.

    Abstraction

    This study aims to identify home industry products, to know business feasibility of fish paste industries and to formulate marketing mix strategies of fish paste industries in Mandangin Island, Sampang. Sampling method is done by using census method. Data analysis using descriptive methods, feasibilty analysis and marketing analysis . The results showed that: (1) there are 32 home industries in Mandangin Island, which 28 products pertained food and beverage products and 4 products pertained non food and beverage. (2) fish paste industries are viable with R/C ratio 1,58. (3) elements of marketing mix strategy, 4P, product, price, place and promotion, are less applied in fish paste industries in Mandangin Island.

Detail Jurnal