Detail Karya Ilmiah

  • Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Merah Siwalan (Lontar) (Studi Kasus di Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan Sumenep).
    Penulis : Amrosi Arif
    Dosen Pembimbing I : Dr. Ir. Slamet Subari, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Slamet Widodo, SP., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor eksternal dan faktor internal industri gula merah, dan mengetahui strategi pengembangan pada industri gula merah di Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.Penelitian ini menggunakan metode sensus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kusioner. Data di analisis dengan menggunakan metode IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (Eksternal Factor Evaluation) untuk menganalisis faktor internal dan eksternal industri, IE (Internal Eksternal) dan SWOT untuk menyusun strategi pengembangan. Hasil analisis IFE, EFE, dan IE menunjukkan bahwa strategi yang tepat digunakan adalah strategi insentif yaitu berupa (1) Penetrasi pasar, (2) Pengembangan pasar, dan (3) Pengembangan produk. Hasil analisis matriks SWOT di peroleh beberapa alternative strategi yaitu strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T, dan strategi W-T. Alternatif strategi yang di peroleh (1) Strategi S-O, memanfaatkan pemeliharaan tanaman lontar yang mudah dan memanfaatkan letak usaha bahan baku yang terjamin, (2) Strategi W-O, menambah tenaga kerja untuk meningkatkan kuantitas produksi, (3) Strategi S-T, memanfaatkan tanaman lontar dengan ketersediaannya, dan (4) Strategi W-T, mengupayakan peningkatan sumberdaya yang dimiliki dan mendaftarkan produk gula merah ke dinas kesehatan dan majelis ulama Indonesia. Kata kunci: Strategi pengembangan, gula merah lontar, Aeng Panas, SWOT

    Abstraction

    This study attempts to knows what into factors external and the internal factor of the sugar industry red, and he knows development strategy on industrial brown sugar in the village aeng panas kecamatan pragaan kabupaten sumenep. This research uses the method the census.Data collection using a technique observation, interviews and kusioner.Data in analysis by using the method cuticular (internal factor evaluation and efe (external factor evaluation) to analyze the internal factor and external industry, ie (internal external) and training to arrange development strategy. The results of the analysis cuticular, efe, and ie show that strategy proper used is strategy incentives in the form of (1) market penetration, (2) the development market and (3) product development.The results of the analysis matrix training in obtained a few an alternative strategies which s-o, strategy strategy w-o, strategy s-t, and strategies w-t. Alternative strategy in get (1) strategy s-o, use maintenance plants lontar an easy and use the business the raw materials that guaranteed, (2) strategy w-o, increase labor to increase the quantity of production (3) strategy s-t, use plants lontar with supply, and (4) strategy w-t, trying to increase resources owned and register products brown sugar to the local department of health and the indonesian ulama. Keyword: development strategy, brown sugar lontar, aeng panas, SWOT

Detail Jurnal