Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KURMA SALAK (STUDI KASUS DI DESA KERAMAT, KECAMATAN BANGKALAN, KABUPATEN BANGKALAN)Penulis : turmudiDosen Pembimbing I : Taufik R.D.A. Nugroho, SP., MMDosen Pembimbing II :Amanatuz Zuhriyah, SP., MMA.Abstraksi
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di UD. Budi Jaya yang terletak di Desa Keramat, Kabupaten Bangkalan dengan tujuan : (1) Untuk mengetahui analisis kelayakan usaha dari produk kurma salak yang di produksi oleh UD. Budi Jaya, (2) Untuk mengetahui faktor eksternal dan faktor internal dari produk kurma salak yang diproduksi oleh UD. Budi Jaya dan (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan untuk UD. Budi Jaya dalam mengembangkan produk kurma salak. Metode pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling). Hasil pembahasan menunjukkan bahwa : (1) Usaha produk kurma salak UD. Budi Jaya di Desa Keramat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan dapat dikatakan layak untuk diusahakan dengan nilai R/C Ratio sebesar 1,39, (2) Faktor eksternal (peluang dan ancaman) adalah meliputi : pemasaran produk, pasokan bahan baku, dan pesaing usaha. Sementara itu, untuk faktor internal (kekuatan dan kelemahan) adalah meliputi : produk, harga produk, marketing, sistem penjualan, promosi, dan modal, (3) Alternatif strategi pengembangan untuk usaha produk kurma salak UD. Budi Jaya di Desa Keramat, Kabupaten Bangkalan adalah dengan cara mengembangkan dengan pemasaran, memperluas daerah pemasaran mengingat produk yang tahan lama, memasarkan ke pasar modern dengan sistem kontrak, meningkatkan promosi untuk mengenalkan produk, memaksimalkan produki karena salak yang mampu bertahan selama 8 bulan ketika musim panen raya, tidak menggunakan pasokan bahan baku buah salak dari daerah luar Desa Keramat, Kecamatan Bangkalan karena minimnya modal.
AbstractionABSTRACTION This research done in UD. Budi Jaya which located in Keramat Village, Sub-Province Bangkalan with a purpose : (1) To know feasibility analysis effort of zalacca date product which produced by UD. Budi Jaya, (2) To know factor eksternal and internal factor from zalacca date product produced by UD. Budi Jaya and (3) To know expansion strategy for UD. Budi Jaya in developing zalacca date product. Sampling method is done intentionallyly ( Purposive Sampling). Result of solution indicates that : (1) Effort for zalacca date product UD. Budi Jaya in Keramat Village, Sub-Province Bangkalan can be told is competent to be laboured with value R/C Ratio 1,39, (2) Factor eksternal (opportunity and threat) be cover : product marketing, supply raw material, and business competitor. Meanwhile, for internal factor (strength and weakness) be cover : product, the price of product, marketing, vendor system, promotion, and legal capital, (3) Alternative of expansion strategy for effort for zalacca date product UD. Budi Jaya in Keramat Village, Sub-Province Bangkalan is by the way of developing with marketing, extends marketing area to remember durable product, markets to modern market with contract system, increases promotion to defin product, maximizes produce because zalacca capable to stay during 8 month of when great crop season, doesn't apply supply raw material fruit of zalacca from area outside Keramat Village, District of Bangkalan because its the minim legal capital.