Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MINYAK GORENG KEMASAN DI KOTA BANGKALAN
    Penulis : Maltum
    Dosen Pembimbing I : Slamet Widodo, SP., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Aminah Happy M.A., SP., M.Si
    Abstraksi

    Pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian suatu produk sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen yang membeli minyak goreng kemasan dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian minyak goreng kemasan. Penelitian dilakukan di Pasar Tradisional Ki Lemah Duwur dan Hypermart Bangkalan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik incidental sampling, dengan responden sebanyak 60 orang. Sedangkan Metode analisis data yang dipergunakan adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata konsumen yang membeli minyak goreng kemasan rata-rata berusia 34 tahun, dengan tingkat pendidikan SMA, dan rata-rata pendapatan Rp. 1.627.500, serta jumlah keluarga rata-rata sebanyak 5 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor produk, harga, promosi, distribusi, usia, pendidikan, pendapatan dan jumlah keluarga secara bersama-sama (simultan) mempengaruhi terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil dari uji T menunjukkan bahwa variabel promosi dan pendapatan yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan. Kata kunci: Keputusan Konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi.

    Abstraction

    Consumer decision making in purchasing a product is very influenced by consumer behaviour. therefore, this research have purpose to know the characteristics of consumer that consume cooking oil package and analysis of affecting factors consumer decision in buying cooking oil package. The research is done at tradisional market namely Ki Lemah Duwur and Hypermart Bangkalan. The sample taking method is done by using incidental sampling technique, with 60 respondent. While data analysis method that used multiple linear regression analysis. The result of this research show that consumer that buying cooking oil package have average age 34 years, with education level in SMA, with average income Rp. 1.627.500 and family total is 5 persons. The result of data analysis show that product factor, price, promotion, distribution, age, education. Income and family total influence consumer decision in buying product togetherly. While, the result of T test show that promotion variable and income influence consumer decission in buying cooking oil package. Key words: Consumer Decisions, Influence Factors.

Detail Jurnal