Detail Karya Ilmiah
-
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI PASAR MODERN (STUDI KASUS KELURAHAN WONOKUSUMO KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA)Penulis : Fariz Rijal FakhriDosen Pembimbing I : Dr. Ir. Slamet Subari, M.SiDosen Pembimbing II :Amanatuz Zuhriyah, SP., MMA.Abstraksi
Penelitian ini dilakukan di pasar modern (Alfamart dan Indomart) Area Wonokusumo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola preferensi konsumen berbelanja di pasar modern. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, sedangkan untuk metode analisis kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan analisis Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden yang paling dominan berusia berkisar antara 41-50, pendidikan terakhir SMA (SMA) / SMK (SMK), berprofesi sebagai ibu rumah tangga, dengan penghasilan kurang dari Rp. 1.000.000, -. Sedangkan yang berbasis pada Analisis Chi-Square antara faktor internal responden dan faktor eksternal responden dengan keputusan belanja responden di pasar modern. Bahwa faktor-faktor yang berhubungan dalam keputusan konsumen membuat ke toko-toko di pasar modern dalam penelitian ini adalah: usia, pendidikan, pekerjaan, dan produksi yang masuk faktor internal. Setelah itu harga, kelengkapan produk, kenyamanan, keamanan, fasilitas dan jarak dimasukkan dalam faktor eksternal.
AbstractionThe research is conducted in the modern market (Alfamart and Indomart) Wonokusumo area. The aim of this research is to know the pattern of the consumer's preference of shopping in the modern market. The taking method of the sample used accidental sampling, whereas for the analysis methods are using the descriptive analysis quantitative and the analysis of Chi-Square. Results of the research showed the characteristics of respondents most aged revolved between 41-50, last education the SMA (Senior High School) /SMK (vocational school), was professional as a housewife, with an income less than Rp. 1.000.000,-. Whereas being based on the Analysis of Chi-Square between internal factors respondents and external factors respondents with the shopping decision of respondents in the modern market. That factors are connected in the consumer's decision making to shops in the modern markets in this research are: the age, education, the work, and the production that entered internal factors. Afterwards the price, the completeness of the product, comfort, the security, facilities and the distance entered in external factors.