Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN LEDRE (STUDI KASUS DI TOKO MORO SENENG DESA PADANGAN DAN TOKO DADI TRESNO KOTA BOJONEGORO)
    Penulis : Ahmad Fanani
    Dosen Pembimbing I : Taufik Rizal Dwi Adi Nugroho, SP., MM.
    Dosen Pembimbing II :Aminah Happy Moninthofa Ariyani, SP., M.Si.
    Abstraksi

    Analisis perilaku konsumen dalam pembelian suatu produk dipengaruhi oleh atribut-atribut yang melekat pada produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang karakteristik konsumen dalam membeli ledre serta menganalisis atribut-atribut yang mempengaruhi konsumen dalam membeli ledre. Penelitian ini dilakukan di dua tempat, tempat tersebut adalah Toko Moro Seneng di Desa Padangan dan di Toko Dadi Tresno Kota Bojonegoro. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen pembeli ledre berusia antara 20-39 tahun, memiliki jumlah anggota keluarga 1-5 orang, pendidikan terakhir Perguruan Tinggi (PT), jenis pekerjaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pedagang atau wiraswasta yang memiliki pendapatan masing-masing sebesar Rp. 500.000-Rp. 1.000.000 dan pendapatan Rp. 1.500.000-Rp. 2.500.000. Sedangkan atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli ledre secara berturut-turut adalah rasa, harga dan ukuran kemasan. Kombinasi atribut (stimuli)nya adalah rasa pisang raja, harga Rp. 14.500 dan ukuran 200 gram. Kata kunci : Perilaku Konsumen, Atribut, Level, Konjoin, Ledre.

    Abstraction

Detail Jurnal