Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren An-Nafi’iyah, Desa Kampak, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pola pendidikan kewirausahaan dan mendiskripsikan karakteristik jiwa kewirausahaan santri pada Pondok Pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, analisis dokumen dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengembangan kewirausahaan oleh pondok pesantren bertujuan untuk meningkatkan pemasukan finansial terhadap pengembangan pondok pesantren. Selain itu juga diharapkan mampu menjadi sarana pendidikan serta pelatihan terhadap santri di pondok pesantren AN-Nafi’iyah. Hail itu dimaksudkan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan para santri yang ada agar mereka tidak saja memiliki pengetahuan yang terbatas yang didapat dari pendidikan agama serta pendidikan formal. Pemberian bekal keterampilan di bidang agribisnis bagi santri diharapkan mampu mencetak santri yang tangguh dalam menghadapi persaingan setelah lepas dari pondok pesantren. Selain itu Pola pengembangan kewirausahaan di pondok pesantren An-Nafi’iyah yaitu mengembangkan unit usaha sebagai sarana pembelajaran, melibatkan satri sebabagai pengelola unit usaha yang ada, melakukan upaya-upaya menanam jiwa kewirausahaan melalui pendidikan karekter, etika dan keagamaan serta menjalin hubungan dengan perguruan tinggi dan instansi pemerintah dalam rangka meningkatkan pengetahuan usaha dan memupuk jiwa kewirausahaan santri. Karakter jiwa kewirausahaan pada santri pondok Pesantren An-Nafiiyah yang dibahas meliputi: percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, keberanian mengambil resiko, kepemimpinan, berorientasi ke masa depan, kreatif dan inovatif.

    Abstraction

    This study was carried out in An-Nafi'iyah Boarding School, Kampak Village, District Geger, Bangkalan Regency. The purpose of this study is to describe the pattern of entrepreneurship education and describe the characteristics of the entrepreneurial spirit of students at boarding school. The method used is descriptive qualitative case study research strategy and using the techniques of data collection through interviews, observation, document analysis and literature study. Based on the survey results revealed that the development of entrepreneurship by boarding school aims to improve financial inclusion for the development of the boarding school. It is also expected to be a means of education and training to the students in the boarding school An-Nafi'iyah. Hail was intended to develop the entrepreneurial spirit of the students were there so they do not only have limited knowledge gained from religious education as well as formal education. Provision of skills provision in agribusiness for students should be able to print students are resilient in the face of competition after escape from boarding school. In addition, entrepreneurship development pattern in An-Nafi'iyah boarding school that is developing the business unit as a means of learning, involving satri sebabagai existing business unit managers, to make efforts to grow entrepreneurial spirit through the character education, ethics and religious as well as established relationships with universities and government agencies in order to improve business knowledge and nurture the entrepreneurial spirit of students. The character of the entrepreneurial spirit in students An-Nafi’iyah an islamic schools covered include: self-confidence, task-oriented and results, the courage to take risks, leadership, future-oriented, creative and innovative.

Detail Jurnal