Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS USAHA AGROINDUSTRI TAHU BERBASIS PONDOK PESANTREN (StudiKasus di PondokPesantren An-Nafi’iyah di DesaKampakKecamatanGegerKabupatenBangkalan)Penulis : Trianto LatifDosen Pembimbing I : Ihsannudin, SP., MPDosen Pembimbing II :Mohk. Rum, SP., MPAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren An-Nafi’iyah Desa Kampak Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui deskripsi usaha, kelayakan finansial dan aspek pemasaran dari Agroindustri Tahu An-Nafi’iyah. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan kajian puastaka yang mendukung. Metode analisis menggunakan Analisis Deskriptif Kwantitatif, analisis biaya dan pendapatan, R/C Rasio, BEP, ROI, dan PBP. Agroindustri Tahu An-Nafi’iyah ini dirintis sejak tahun 1993, bekerjasama dengan Koperasi Anggrek dan Dinas Koperasi Kabupaten Bangkalan. Usaha Agroindustri Tahu An-Nafi’iyah memperoleh keuntungan sebesar Rp 9.465.271, nilai R/C rasio 1,19, dengan BEP Harga Rp. 126.836,82/tong, BEP Produksi 339, nilai ROI 18,66% dan PBP yang relatif cepat yaitu selama 49 minggu. Aspek pemasaran terbatas pada Marketing mix yaitu produk tahu putih alami, harga dipatok Rp. 150.000/tong, didistribusikan ke pasar di Kecamatan Geger dan sekitarnya dan promosi dilakukan oleh pedagang pengecer. Kata kunci : Agroindustri Tahu, Analisis Kelayakan, Marketing mix, Pondok Pesantren An-Nafi’iyah
AbstractionABSTRACT This research was conducted at An-Nafi'iyah boarding school Kampak Village Subdistrict Bangkalan Geger . The purpose of this study to determine the description of the business, financial feasibility and marketing aspects of Agroindustry Tofu An-Nafi'iyah. Data were collected by means of observation, interviews and a literature review that support. Descriptive Analysis method of analysis using quantitative , cost and revenue analysis, theR/C ratio, BEP, ROI and PBP. AgroIndustry Tofu An-Nafi'iyah pioneered since 1993, in collaboration with the Department of Cooperatives Bangkalan and Koperasi Anggrek. attempt AgroIndustry Tofu An-Nafi'iyah gain of Rp 9,465,271 , the value of R/C ratio of 1,19, with BEP price Rp. 12.836,82 / barrel, BEP 339. Production, value and ROI of 18.66 % which is relatively quick PBP for 49 weeks. Limited to the marketing aspects of marketing mix is a natural tofu products, price set at. 150.000/Barrel, distributed to markets in the District and surrounding Geger and promotions conducted by retailers. Keywords : Tofu AgroIndustry, Feasibility Analysis, Marketing mix, An - Nafi'iyah oarding school