Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Responsi Konsumen Terhadap Pembelian Produk Kopi Bubuk Instan Di Swalayan Tom and Jerry Bangkalan
    Penulis : nurhayati
    Dosen Pembimbing I : Amanatuz Zuhriyah, SP., MMA
    Dosen Pembimbing II :Aminah Happy. M. A, SP., M. Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengambilan keputusan terhadap suatu produk dipengaruhi oleh perilaku konsumen. Berkaitan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap keputusan dalam mengkonsumsi kopi bubuk instan dan mengetahui faktor yang paling dominan. Penelitian ini dilakukan di Swalayan Tom And Jerry Bangkalan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, dengan responden sebanyak 55 orang. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden kopi bubuk instan berusia 30-39 tahun, dengan pendidikan SMA, dan memiliki pendapatan di bawah 1.500.000 rupiah perbulan, dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 1-5 orang, serta jenis pekerjaannya adalah ibu rumah tangga. Sedangkan hasil pengujian regresi didapat bahwa seluruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian dan secara parsial faktor budaya, sosial, dan pribadi berpengaruh terhadap pembelian kopi bubuk instan. Dan dari keempat faktor tersebut yang paling dominan berpengaruh adalah faktor budaya. Kata kunci: Keputusan Konsumen, Kopi Bubuk Instan, Analisis Regresi Linear Berganda.

    Abstraction

    ABSTRACT Consumer’s product decision, influenced by consumer behavior. The aim of this research are: to describe customer characteristics, analyzing the factors that influence the decision to consume powdered instant coffee and determine the most dominant factor. The research was conducted in Tom And Jerry Supermarket Bangkalan. The sampling method used accidental sampling technique, with 55 respondent. While the data analysis method used is descriptive qualitative analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that most respondents powdered instant coffee 30-39 years old, with high school education, and have less than 1.5 million dollars income a month, with the number of family members as much as 1-5 people, as well as the type of work is a housewife. While the results of regression testing obtained that all factors: cultural, social, personal, and psychological effect jointly purchase decisions and partially cultural, social, and personal influence on the purchase of powdered instant coffee. And the most dominant factors of all is cultural. Keywords: Consumer Decision, Instant Coffee Powder, Multiple Linear Regression Analysis.

Detail Jurnal