Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Memilih Tempat Belanja (Studi Kasus Pasar Ki Lemah Duwur dan Hypermart Bangkalan)Penulis : RUSMINIDosen Pembimbing I : Aminah Happy MA, SP.,M.SiDosen Pembimbing II :Slamet Widodo, SP.,M.SiAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Pasar Ki Lemah Duwur dan Hypermart Bangkalan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen pada tempat belanja dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja di pasar tradisional dan pasar modern. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan accidental sampling sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu menggunakan metode Analisis Deskriptif Kualitatif dan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung Pasar Ki Lemah Duwur berusia 31-40 tahun, jumlah tanggungan keluarga < 5 orang, pekerjaan swasta, pendidikan SMA, pendapatan Rp. 500.000 - < 1.000.000 rupiah, status pernikahan menikah, dan jenis kelamin perempuan. Sedangkan pada Hypermart pengunjungnya berusia 31-40 tahun, jumlah tanggungan keluarga < 5 orang, pekerjaan Swasta, pendidikan SMA, pendapatan > Rp. 2.000.000, status pernikahan menikah, jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Berdasarkan uji analisis regresi faktor yang mempengaruhi pada Pasar Ki Lemah Duwur yaitu variabel jenis kelamin dan variabel pekerjaan, sedangkan pada Hypermart adalah usia, pendapatan, harga.
Abstraction