Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) Tbk)
    Penulis : LAILI NURUL QOMARIAH
    Dosen Pembimbing I : FARIYANA KUSUMAWATI.,SE.,MSi.
    Dosen Pembimbing II :Yuni Rimawati., SE.,MSAk.,Ak.,CA.
    Abstraksi

    ABSTRAK Banyak entitas bisnis yang tidak menyadari bahwa proses produksi mereka menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar dan masyarakat. Oleh karena itu muncullah konsep yang dinamakan Corporate Social responsibility (CSR) untuk mengimbangi dampak negatif yang ditimbulkan dari kegiatan bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Program (CSR) terhadap citra perusahaan sebagai tanggung jawab sosial PT Semen Indonesia Persero (Tbk). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner terhadap responden. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat wilayah ring 1 Gresik. Sampelnya diambil secara acak dari populasi yang telah dipilih dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini adalah bahwa dari ke delapan sektor yaitu program kemitraan, Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan, Sektor Pelestarian Alam, Sektor Bencana Alam, Sektor Olahraga, Seni dan Budaya, Sektor Sarana Umum, dan Sektor Sarana Ibadah hanya sektor sarana umum yang signifikan berpengaruh negatif, sementara ke tujuh sektor lainnya tidak signifikan berpengaruh. Kata Kunci: CSR, Program Kemitraan, Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan, Sektor Pelestarian Alam, Sektor Bencana Alam, Sektor Olahraga, Seni dan Budaya, Sarana Umum, Sarana Ibadah

    Abstraction

    ABSTRACT Many business entities that do not realize that their production processes are causing negative impacts to the environment and society. it is therefore appear the concept called Corporate Social responsibility (CSR) to compensate for the negative effects arising from business activities. The purpose of this research was to determine the influence of the Program (CSR) to the company's image as a socially responsible at PT Semen Indonesia Persero (Tbk). This research was done using descriptive analysis methods and quantitative analysis. Data collection is done by distributing the questionnaire to respondents. The population in this research is the Community area ring 1 Gresik. Sample taken at random from a population that has been chosen by the number of samples as much as 110 respondents. As for the data analysis technique used was multiple linear regression using SPSS 16.0. The results of this research is that of the eight sectors of the partnership program, the education sector, the health sector, a sector of natural conservation, natural disaster Sector, sector of sport, arts and culture, Public Facility, Sector and sector Means the worship of only the sector of public facilities is a significant negative effect, while the seven other sectors did not significantly influence. Keywords: CSR, the partnership program, the education sector, the health sector, a sector of natural conversation, natural disaster sector, sector of sport, arts and culture, public facilities sector and

Detail Jurnal