Detail Karya Ilmiah

  • MINDSET MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MEMILIH KONSENTRASI DAN PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI DIWAN IMAM SYAFI’I (Studi pada Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura)
    Penulis : RISTA MAHARANI
    Dosen Pembimbing I : ROBIYATUL AULIYAH SE., MSA
    Dosen Pembimbing II :RAHMAT ZUHDI SE.,MBA.,CA.,QIA
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini dibertujuan untuk mengetahui bagaimana mindset mahasiswa akuntansi dalam memilih konsentrasi dan pencapaian prestasi belajar ditinjau dari 6 syarat menuntut ilmu dalam Diwan Imam Syafi’i. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnometodologi dan menggunakan 10 orang mahasiswa semester akhir yang telah menempuh skripsi pada program studi akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai nara sumber. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan enam item dalam Diwan Imam Syafi’i sebagai kacamata pandang dalam pemilihan konsentrasi dan pencapaian prestasi belajar mahasiswa, yaitu Zaka in (Cerdas), Hirshin (Gemar/Semangat), Ishtibarin (Sabar), Bulghotin (Biaya), Irsyadi Ustadzin (Memiliki Guru), Thuluz Zamani (Waktunya Lama ). Hasil penelitian ini adalah pada item cerdas, bawah prestasi belajar mahasiswa ditentukan oleh temen bergaulnya. Pada item gemar, rasa gemar mahasiswa terhadap bidang ilmu mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuannya. Pada item sabar kebanyakan dari mahasiswa merasa down ketika mengalami kesulitan dalam belajar sehingga prestasi belajarnya menurun. Pada item biaya, bahwa semua mahasiswa prodi akuntansi FE UTM telah mampu secara financial, namun sedikit sekali mahasiswa yang melakukan wara’. Pada item petunjuk guru, bahwa tidak semua dosen memberikan motivasi dan solusi pada mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir. Pada item waktunya lama, bahwa kebanyakan mahasiswa mengalami keterlambatan kuliah karena tidak lulus mata kuliah pra syarat dan ketidakfahaman terhadap tugas akhir yang dikerjakannya. Kata kunci : Mindset mahasiswa, Pemilihan konsentrasi, Prestasi Belajar, Diwan Imam Syafi’i

    Abstraction

    ABSTRACT Purpose of this research is to know how mindset of accounting stundents in selecting focus and learning achievement reviewed from six requirements studying in Diwan Imam Syafi’i. This reseach use kualitative method by etnomethodology approach and ten college students that have been done their thesis at accounting department economic faculty Trunojoyo University of Madura as informant. Collecting data method that used are observation, interview, documentation. This research also use six Diwan Imam Syafi’i’s items as a viewpoint of focus electing and learning achievement, there are Zaka in (Smart), Hirshin (Delidht/Passion), Istibarin (Patient), Bulghotin (Budget), Irshadi Ustadin (Teacher Instrument), Thuluz Zamani (Need Long Time) The result of this research is at “smart” item, that student learning achievement is influenced by their friends. At “delight” item, students delight feeling on science motivate student to explore their capability. At “patient” item most of students feel down when they get difficulty in studying process and it make learning achievement decrease. At “budget” item, all of accounting departement students economic faculty Trunojoyo University of Madura have financial capability. But just a little student’s that do Wara’. At “teacher instruction” item, explain that not all of lectures give motivation and solution to student that finish final task. In “long time” item, that most of student’s get delay collage because ungraduate in pre-terms and misunderstand on final task which they do Keywords : Student Mindset, Focus Election, Learning Acievement, Diwan Imam Syafi’i

Detail Jurnal