Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENERAPKAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KABUPATEN BANGKALAN)
    Penulis : AINUR ROSI
    Dosen Pembimbing I : MOHAMMAD DJASULI, SE.,M.Si.,QIA.,CA
    Dosen Pembimbing II :GITA ARASY HARWIDA, SE.,M.Tax.,Ak.,QIA.,CA
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan Pemerintah Kabupaten Bangkalan dalam menerapkan SAP berbasis akrual sesuai PP No. 71 Tahun 2010. Informan dalam penelitian ini adalah Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) dan Pejabat Penatausahaan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (PPK SKPD) di Kabupaten Bangkalan. Data dikumpulkan dari wawancara langsung dengan para informan dan dianalisa dengan fenomenologi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangkalan belum siap dalam menerapkan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (PP No. 71 Tahun 2010) karena masih perlu pembenahan terhadap sumber daya manusia, kebijakan, dan infrastruktur untuk mendukung penerapan SAP Berbasis Akrual. Berkaitan dengan kompetensi yang dimiliki oleh PPK SKPD menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki PPK SKPD di Kabupaten Bangkalan tergolong masih rendah. Hal itu dibuktikan dengan latar belakang pendidikan PPK yang sebagian besar bukan berlatar belakang pendidikan akuntansi, sehingga sebagian besar PPK tidak paham tentang teori basis akuntansi akrual.

    Abstraction

    The purpose of this study is to determine the readiness of BangkalanGovernment in implementing accrual-based SAPin accordance PP. Number 71 Year 2010. Informants in this study are the Regional Financial Management Officer Administration (PPKD) and Financial Administration Officer Regional Working Units (PPK SKPD) in Bangkalan Regency. Data are collected from interviews with informants and analyzed by phenomenology. The results of the study shows thatBangkalangovernment needs to do a concrete step in implementing the Government Accounting Standards-Based Accrual (PP. 71 of 2010), among which the training of human resources, policy changes, and procurement of infrastruktrur to support the implementation of accrual-based SAP. In connection with the competencies possessed by PPK SKPD shows that the competency of PPK SKPD in Bangkalan Regency is still fairly low. This is evidenced by the educational background of PPK which mostly non educational background in accounting, so most of the PPK does not know about thetheoryofaccrualaccountingbasis.

Detail Jurnal