Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA HANDPHONE MEREK NOKIA (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA)
    Penulis : BUDI KUSUMA WARDANA
    Dosen Pembimbing I : Dr. Nurita Andriani, Ir., MM.
    Dosen Pembimbing II :Fathor AS, SE., MM.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel strategi positioning yang terdiri dari ciri produk, harga, kualitas, penggunaan dan pengguna produk terhadap keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui variabel strategi positioning yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone merek Nokia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi positioning terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone merek Nokia (studi pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 60 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara simultan terjadi pengaruh yang signifikan antara variabel strategi positioning (ciri produk, harga, kualitas, penggunaan dan pengguna produk) terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone merek Nokia, (2) secara parsial, menunjukkan bahwa semua variabel strategi positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone merek Nokia dan (3) secara parsial variabel kualitas mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone merek Nokia. Kata Kunci: Positioning strategy, product characteristics, price, quality, product usage, product users, and consumers’ purchasing decisions.

    Abstraction

    The purpose of this study was to find out the influence of variable positioning strategy that consisted of product characteristics, price, quality, usage and users of the product to the consumers’ purchasing decisions and to find out the most dominant of variable positioning strategies to consumers’ purchasing decisions on Nokia mobile phones. The study applied quantitative method. The population was students of University of Trunojoyo Madura. The samples were obtained purposively as many as 60 respondents. The data was taken by using questionnaire and library research. The instrument was tested by using validity and reliability. The data was analyzed by using descriptive analysis and multiple linear regression, the F-test (simultaneous) and t-test (partial). The results showed that (1) there was a simultaneously significant relationship between positioning strategy variables (characteristics, price, quality, usage and users of the product) and consumers’ purchasing decisions at Nokia mobile phone, (2) partially, it showed that all the variables positioning strategy had positive and significant impact on consumers’ purchasing decisions on Nokia mobile phone and (3) partially, the variable of quality had the most dominant influence on consumers’ purchasing decisions on Nokia mobile phone. Keyword: Strategi positioning, ciri produk, harga, kualitas, penggunaan, pengguna produk dan keputusan pembelian konsumen.

Detail Jurnal