Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEPOT BAROKAH PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO
    Penulis : Toni Budianto
    Dosen Pembimbing I : Bambang Setiyo Pambudi, S.E., MM.
    Dosen Pembimbing II :Fathor AS, S.E., MM.
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan yaitu dengan metode kuantitatif dengan populasi seluruh konsumen Depot Barokah Prambon yang menggunakan pelayanan dari Depot Barokah Prambon dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden menggunakan teknik Accidental Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari variabel bukti fisik (X1), kehandalan (X2), dan jaminan (X4) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y), sedangkan variabel independen daya tanggap (X3) dan empati (X5) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel dependen kepuasan konsumen (Y), Serta variabel jaminan (X4) mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan secara simultan menunjukkan semua variabel independen kualitas pelayanan (X) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen kepuasan konsumen (Y). Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Kepuasan Konsumen.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this study was to identify variables that influence consumer satisfaction either simultaneously or partially. The method used is a quantitative method with the entire population of consumers Depot Barokah Prambon who use services from Depot Barokah Prambon the total sample of 60 respondents Accidental Sampling techniques. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results showed that the independent variables consisting of tangible variable (X1), reliability (X2), and assurance (X4) partially significant effect on customer satisfaction (Y), while the responsiveness of the independent variable (X3) and empathy (X5) no significant effect on the dependent variable of customer satisfaction (Y), As well assurance variable (X4) have the greatest influence on customer satisfaction (Y). While simultaneously showing all the independent variables of quality of service (X) simultaneously significant effect on customer satisfaction dependent variable (Y) Keywords : Service Quality, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Customer Satisfaction.

Detail Jurnal