Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH ADIRA FINANCE DI WILAYAH SURABAYA BARAT
    Penulis : ARYA SUBAYU
    Dosen Pembimbing I : Dr.H.Pribanus Wantara.,Drs.,MM
    Dosen Pembimbing II :Hadi Purnomo, SE, MM
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Relationship Marketing yang terdiri dari keuntungan bersama, komitmen, komunikasi, dan kebenaran terhadap loyalitas nasabah Adira Finance dan untuk mengetahui variabel relationship marketing yang berpengaruh lebih besar terhadap loyalitas nasabah Adira Finance di wilayah Surabaya barat. Berdasarkan uji F variabel Relationship marketing yang terdiri dari keuntungan bersama, komitmen, komunikasi, kebenaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Adira Finance wilayah Surabaya barat. Berdasarkan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel keuntungan bersama, komitmen, kebenaran berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat sedangkan variabel komunikasi berpengaruh negatif terhadap variabel terikat. Variabel yang berpengaruh lebih besar adalah variabel komitmen. Kata kunci : Relationship Marketing, keuntungan bersama, komitmen, komunikasi, kebenaran, dan Loyalitas.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this research was to determine the effect of variable Relationship Marketing consists of mutual benefits, commitment, communication, and the truth of Adira Finance customer loyalty and relationship marketing to know the variables that affect greater customer loyalty Adira Finance in the West Surabaya. Based on the F test Relationship marketing variables consist of mutual benefits, commitment, communication, truth simultaneously significant effect on customer loyalty Adira Finance Surabaya western region. Based on t-test is known that partially mutual benefits, commitment, truth have significant effect to dependent variable while the communication has negative affect. Variables that has bigger affect is commitment. Keywords: Relationship Marketing, mutual benefits, commitment, communication, truth, and, loyalty.

Detail Jurnal