Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEJABAT ESELON III PADA DINAS DAERAH KABUPATEN PAMEKASANPenulis : R. Achmad Zainal AbidinDosen Pembimbing I : Faidal, S.E.,MMDosen Pembimbing II :Helmi Buyung Aulia Safrizal, ST.,SE.,MMTAbstraksi
Abstraksi Studi ini diarahkan untuk mewujudkan perubahan paradigma penyelenggaraan pemerintahan yang baik melalui pelaksanaan Otonomi Daerah sebagaimana dimaksudkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah melalui peningkatan kinerja instansi pemerintah sebagai penjabaran dari visi, misi dan strategi yang mengindikasikan tingkat keberhasilan maupun kegagalan pelaksanaan kegiatan-kegiatan sesuai dengan program dan kebijakan yang ditetapkan. Kinerja instansi pemerintah merupakan prestasi yang dicapai oleh pegawai pemerintah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam suatu periode, melalui rencana-rencana pencapaian kinerja pada organisasi perangkat daerah dalam mempertahankan tujuan yang ada untuk mencapai sasaran-sasaran pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Untuk mencapai kinerja pegawai pemerintah sesuai sasaran pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah, dapat dilakukan dengan mengkaji variabel yang mempengaruhinya yaitu lingkungan kerja, budaya organisasi. Pengkajian pengaruh kedua variabel tersebut terhadap kinerja pemerintah disertai dukungan beberapa penelitian terdahulu yang relevan. Studi ini dilakukan pada pejabat eselon III pada 16 Dinas Daerah Kabupaten Pamekasan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 78 pejabat. Untuk menguji hubungan kausalitas antara variabel lingkungan kerja, budaya organisasi, dan kinerja digunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) Windows versi 17is Simpulan pada studi ini adalah: (1) lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja, (2) budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja, (3) budaya organisasi dominan berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Keywords: Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja.
AbstractionAbstraction This study is directed to study the change in paradigm in running good government administration through implementation of Regional Autonomy as intended by Law No. 32 the year 2004 on Regional Government Administration through the performance improvement of government autonomous agencies as detailed clarification of vision, mission and strategy indicating the level of success or failure in implementing the activities pursuant to the specified program and policy. Performance of government agencies constitutes the achievement of the government employees (civil servants) in giving services to people in certain period of time, through the performance achievement plans at the organization of regional apparatuses in maintaining and keeping the existing goals to achieve the targets on Work Plans of Regional Government Administration (RKPD). Performance achievement of government employees or civil servants pursuant to the Work Plans of Regional Government Administration can be carried out by learning the influencing variables, namely work environment, organizational culture. Study on influence of these two variables to the performance of government is supported by several previous relevant researches. This study is performed to officials of echelon III at 16 Autonomous Regional Agencies in Regency of Pamekasan. Total samples used in this research are 78 officials of echelon III. Statistical Package for the Social Science (SPSS) applied to test the causal relation among variables of work environment, organizational culture, and performance with the help of Windows versi 17is. This study concludes as follows: (1) Work environment has significant influence to performance (2) Organizational culture has significant influence to performance (3) Organizational culture dominant has significant influence to the performance. Keywords: Work environment, organizational culture, and performance.