Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH RETAILING MIX (BAURAN ECERAN) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Indah Swalayan Bangkalan)
    Penulis : Ali Usman
    Dosen Pembimbing I : Dr. Ir. Nurita Andriani, MM
    Dosen Pembimbing II :Hadi Purnomo, SE., MM
    Abstraksi

    Bauran eceran merupakan salah satu langkah pemasaran bagi keberhasilan perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang produksi barang maupun jasa.Indah Swalayan Bangkalan merupakan salah satu bisnis eceran yang bergerak dalam jual beli barang yang perlu memperhatikan perilaku konsumen untuk mengambil keputusan. Variabel bauran eceran menggunakan teori Berman dan Evans dalam Foster (2008) yang terdiri dari lokasi, pelayanan, produk, harga, suasana, harga dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh bauran eceran yang terdiri dari lokasi, pelayanan, produk, harga, suasana, harga dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada Indah Swalayan Bangkalan), (2) untuk mengetahui variabel bauran eceran yang berpengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian (studi pada Indah Swalayan Bangkalan). Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 80 responden.Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, kepustakaan, dan kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur jawaban responden.Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik.Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bauran eceran yang terdiri dari lokasi, pelayanan, produk, harga, suasana, harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (studi pada Indah Swalayan Bangkalan).Namun, tidak semua variabel bauran eceran berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Indah Swalayan Bangakalan).Variabel harga berpengaruh lebih besar terhadap keputusan pemebelian pada Indah Swalayan Bangkalan). Kata Kuci : Bauran eceran, lokasi, pelayanan, produk, harga, suasana toko, karyawan, promosi, dan Keputusan pembelian.

    Abstraction

    Retailing mix is one step of marketing for successful company, both in the field production of good or service. Indah Swalayan Bangkalan is one of self-service in good sales which required to pay attention to consumer’s behavior in taking decision. The observed retailing mix variables through Berman and Evans in Foster (2008) which consist consist of store location, operation procedures, merchandising, pricing tactics, store atmosphere, customer service and promotional method. The objectives of this research (1) to know the effect of retailing mix variables which consist of store location, operation procedures, merchandising, pricing tactics, store atmosphere, customer service and promotional method simultaneously to cunsumer’s buying decision (study at Indah Swalayan Bangkalan), (2) to know retailing mix variables has dominant effect to cunsumer’s buying decision (study at Indah Swalayan Bangkalan). This research is quantitative research approach which tried to know how the influence of retailing mix to consumer’s buying decision (study at Indah Swalayan Bangkalan). Sampling has been developed through purposive sampling, resulting 80 respondents. The technique of gathered data there are interview, literature, and questionaire, and 5-point Likert Scale to measure the respondent’s answer. To test instrument used validities test, reliablities tes, and classical assumption test. While the technique of data analysis used double linier regression because which is used more than two variable with F test and t test. The result of this research shows that retailing mix variables which consist of store location, operation procedures, merchandising, pricing tactics,store atmosphere, customer service and promotional method have effect simultaneously to cunsumer’s buying decision (study at Indah Swalayan Bangkalan). However, not all of retailing mix variables have effect partially to cunsumer’s buying decision (study at Indah Swalayan Bangkalan). The variable of pricing tactics has dominant effect to cunsumer’s buying decision (study at Indah Swalayan Bangkalan). Keywords : Retailing Mix and Consumer Buying Decision.

Detail Jurnal